Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri 03 Cakranegara
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5589Abstract
Permasalahan yang sering dihadapi dalam pembelajaran di sekolah dasar meliputi kurangnya kepedulian antar sesama teman, rendahnya rasa saling tolong-menolong, serta kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya beretika baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa mengenai pentingnya memiliki kecerdasan interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah ada hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas V di SD Negeri 03 Cakranegara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas V di SD Negeri 03 Cakranegara. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, serta angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan interpersonal pada siswa kelas V SD Negeri 03 Cakranegara, berdasarkan persepsi siswa, termasuk dalam kategori sedang. Demikian pula, hasil belajar IPS siswa juga termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan, terbukti bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas V di SD Negeri 03 Cakranegara. Dengan demikian, peningkatan kecerdasan interpersonal siswa berpotensi meningkatkan hasil belajar yang dicapai oleh mereka. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengidentifikasi pentingnya kecerdasan interpersonal dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Oleh karena itu, diperlukan perhatian lebih terhadap pengembangan kecerdasan interpersonal siswa sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan prestasi akademik mereka.
Keywords:
Hubungan, Kecerdasan Interpersonal, Hasil Belajar IPSDownloads
References
Fajriani, F., & Masni, E. D. (2017). Pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Gunawan, R. (2016). Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Hakim, A. R. (2018). Kecerdasan Interpersonal Siswa Melalui Model Student Teams Achievement Divisions. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 51-58.
Ika, N., Nurhasanah, N., & Karma, I. N. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn 3 Maria Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(2), 128-135.
Kartini, K. A. W., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2020). Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Sikap Tenggang Rasa Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 35-47.
Maharani, C., Kusmarni, Y., & Kurniawati, Y. (2018). Penggunaan Strategi Pembelajaran Peer lesson Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X MIA 7 SMA Negeri 2 Cimahi). FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 7(1).
Majdi, M., & Ichsan, A. S. (2019). Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas 1 MI dalam Model Pembelajaran Menyimak Tipe Bisik Berantai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 2(3), 264-272.
Pitriana, A., & Oktaviyanti, I. (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN 1 Wanasaba. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 1-9.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.
Rahmawati, R. D., & Mahmudi, A. (2014). Keefektifan pembelajaran kooperatif stad dan tai ditinjau dari aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 102-115.
Safaria, T. (2005). Interpersonal intelligence: Metode pengembangan kecerdasan interpersonal anak. Yogyakarta: Amara Books.
Sutarna, N. (2019). Penerapan Pedekatan Sosial untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 61-70.
Uddin, A. M., Fathoni, A., & Samsuri, M. (2022). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru di Era Industri 4.0. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(4), 455-461.
Wahyudi, D. (2011). Pembelajaran ips berbasis kecerdasan intrapersonal interpersonal dan eksistensial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Edisi Khusus,(1).
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuyun Wahyu, Nurhasanah, Setiani Novitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work