PEMBELAJARAN SIFAT-SIFAT BILANGAN AKAR DAN BERPANGKAT DENGAN MEODE DRILL PADA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.520Abstract
Penelitian ini berangkat dari masalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika IXE SMP Negeri 2 Palimanan Cirebon. Pada materi Sifat-sifat Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar dengan 40 % dari 32 yang belum tuntas. Berangkat dari masalah tersebut, penulis mencoba menerapkan metode Drill. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika baik secara individu maupun klasikal. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IXE SMP Negeri 2 Palimanan Kabupaten Cirebon pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020, yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan metode drill. Dengan demikian disimpulkan Penerapan Metode Latihan (Drill) dalam proses pembelajaran Matematika pada materi “Sifat-sifat Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar” di Kelas IXE SMP Negeri 2 Palimanan Kabupaten Cirebon dapat Meningkatkan hasil belajar.
Keywords:
hasil belajar, metode drill, matematikaDownloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B., & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ernest, P. (2015). The social outcomes of learning mathematics: Standard, unintended or visionary? International Journal of Education in Mathematics Science and Technology, 3(3), 187–192
Fatima, R. (2012). Role of Mathematics in the Development of Society. National Meet on Celebration of National Year of Mathematics. Organized by NCERT, New Delhi.
Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan metode pembelajaran drill untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Nahdi, DS. (2019). Efektivitas Pendekatan Brainstorming Teknik Round-Robin Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 5(1). 11-22. Retrieved from https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/2253
Nahdi, D. S., Jatisunda, M. G., Cahyaningsih, U., & Suciawati, V. (2020). Pre-service teacher's ability in solving mathematics problem viewed from numeracy literacy skills. Elementary Education Online, 19(4), 1902-1910.
Ngatiyo, N., & Aunurrahman, A. (2013). Penggunaan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Hitung Campuran Kelas III SDN 24 Pontianak (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Poythress, V. S. (2013). Logic: A God-centered approach to the foundation of western thought. Wheaton, IL: Crossway.
Pribadi, B. A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Primayanti, G., Suwu, S. E., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Lentera Way Pengubuan pada topik persamaan garis lurus. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 135-149.
Suyanto.(1997). Pedoman pelaksaaa penelitian kelas. Jakarta: Dirjen Dikti.
Wahyuni, N. (2016). Penggunaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding, 2(1).
Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work