Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Model Quantum Learning dengan Teknik Tandur pada Siswa Kelas IV SDN 1 Manggar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1521Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis melalui model quantum learning dengan teknik TANDUR pada siswa kelas IV SDN 1 Manggar Sluke Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Peneltian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini pada siswa kelas IV SDN 1 Manggar Sluke Rembang. Objek penelitian ini kegiatan proses pembelajaran kemampuan menulis pada siswa kelas IV SDN 1 Manggar Sluke Rembang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil observasi aktivitas siswa di siklus I memperoleh skor rata-rata 39,56 atau sebesar 68% sedangkan di siklus II, skor rata-rata yang diperoleh adalah 46,89 atau sebesar 82%. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor rata-rata aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada hasil observasi hasil belajar siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 68,42 sedangkan pada siklus II, skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 81,84. Pada siklus II semua siswa memenuhi nilai diatas KKM. Kesimpulannya bahwa penerapan model quantum learning dengan teknik TANDUR dapat meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas IV SDN 1 Manggar Sluke Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
Tandur, Menulis, Model, Quantum LearningDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work