PENERAPAN MODEL SKRIP KOOPETARIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.283Abstract
Masalah yang dihadapi guru adalah masih kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran Bahasa Indonesia, seperti kurangnya kemampuan siswa dalam mengungkapkan pikiran , perasaan, dan informasi dalam bentuk resensi dan karangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran Bahasa Indonesia tentang “Meresensi Buku Ilmu Pengetahuan” dengan Model Skrip Kooperatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IXD SMPN 2 Jamblang Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia setelah menerapkan model skrip kooperatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Skrip Kooperatif dapat Meningkatkan Pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Meresensi Buku Ilmu Pengetahuan.
Keywords:
hasil belajar, bahasa indonesia, Model Skrip KooperatifDownloads
References
Adi, F. M., Phang, F. A., & Yusof, K. M. (2012). Student Perceptions Change in a Chemical Engineering Class using Cooperative Problem Based Learning (CPBL). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 56, 627–635. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.697
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Aryati, T. (2017). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Bermain Jawaban Di Kelas Xi Ips 5 Sman 10 Pekanbaru. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 5(2), 172–177. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Buchs, C., Gilles, I., Dutrévis, M., & Butera, F. (2011). Pressure to cooperate: Is positive reward interdependence really needed in cooperative learning? British Journal of Educational Psychology. https://doi.org/10.1348/000709910X504799
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Making cooperative learning work. Theory into Practice. https://doi.org/10.1080/00405849909543834
Kasbolah, K. (2001). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Depdikbud.
Kusumawati, I. T., & Sukidi, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Pengelasan Pada Siswa Kelas X …. JPGSD, 2(2), 1–12. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21704
Laal, M., & Ghodsi, S. M. (2012). Benefits of collaborative learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.091
Laal, M., Khattami-Kermanshahi, Z., & Laal, M. (2014). Teaching and Education; Collaborative Style. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.890
Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3349
Oxford, R. L. (1997). Cooperative Learning, Collaborative Learning, and Interaction: Three Communicative Strands in the Language Classroom. The Modern Language Journal. https://doi.org/10.2307/328888
Salamiah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menyimak Cerita Siswa Kelas Vi Sd Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sriarunrasmee, J., Suwannatthachote, P., & Dachakupt, P. (2015). Virtual Field Trips with Inquiry learning and Critical Thinking Process: A Learning Model to Enhance Students’ Science Learning Outcomes. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.226
Sudjana, N. (2012). Dasar-dasar proses mengajar. In Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zain, S. B. D. dan A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Syaiful Bahri Djamarah Dan Aswan Zain. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work