Penerapan Learning Management System BelajarBareng.id di SMK Negeri 1 Leuwiliang pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Nina STKIP Muhammadiyah Bogor
  • Siti Khopipah A STKIP Muhammadiyah Bogor
  • Eni Rahmalia STKIP Muhammadiyah Bogor
  • Adinda F. Ramadani STKIP Muhammadiyah Bogor
  • Alya K. Mirawan STKIP Muhammadiyah Bogor
  • Chairunnisa STKIP Muhammadiyah Bogor
  • Firda Herdianti STKIP Muhammadiyah Bogor
  • Azizzah A. Ardilla STKIP Muhammadiyah Bogor
  • Ingeu L. Wulandari STKIP Muhammadiyah Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1686

Keywords:

learning management system, BelajarBareng.id, pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMKN 1 Leuwiliang. Untuk mengatasi permasalahan ini, sekolah tersebut menggunakan LMS BelajarBareng.id. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah LMS BelajarBareng.id milik SMKN 1 Leuwiliang, sample penelitiannya akun milik operator, guru dan siswa. Teknik pengumpulan datanya dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembentukan dan implementasi Learning Management System (LMS) BelajarBareng.id  dipengaruhi oleh teknologi pendidikan dan sumber daya manusia antara lain:(1) profesionalitas, (2) fungsional, (3) kompetitif), dan (4) partisipasi dan kerjasama. Learning Management System (LMS) BelajarBareng.id memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap, yaitu: (1) administrasi guru, (2) kalender akademik, (3) memberikan materi dan tugas yang lebih variatif, (4) forum diskusi, (5) pelacakan, dan (6) penilaian. Kelebihan dan keunggulannya  antara lain  guru mudah dalam pemberian tugas kepada siswa, fitur forum chat untuk memudahkan proses diskusi dalam pengerjaan tugas, fitur participation untuk absensi siswa, penilaian kuis langsung tampil di LMS siswa, pembelajaran menjadi lebih menarik dan hemat biaya dan waktu. Sedangkan kekurangannya adalah guru tidak dapat menggunggah file dengan resolusi yang besar baik berupa video, audio, atau dokumen membutuhkan koneksi internet yang stabil, kurangnya interaksi secara real time antara guru dan siswa, membutuhkan perangkat seperti komputer, laptop, atau handphone.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adri, M. 2008. Learning Management System & Moodle Course Managment System, Proyek Pengambangan Model
Pembelajaran Jarak Jauh. Fakultas Teknik UNP Padang.

Basar, Afip Miftahul. 2021. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemic Covid-19. Edunesia:
Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 2, No. 1.

Belawati, T. 2019. Pembelajaran Online. Banten: Universitas Terbuka.Dhika, Harry, Fitriana Destiawati,
Michael Sonny, Surajiyo, Musa Jaya. 2019. Penerapan Learning Management System dalam Media
Pembelajaran Menggunakan Moodle. Proceeding SNIA 2019.

Ningrum, E. 2016. Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi, Vol. 9,
No. 1.

Hasbullah. 2007. Perancangan dan Implementasi Model Pembelajaran E-learning untuk Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran di JPTE FPTK UPI. Bandung: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FPTK UPI.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, Nurliana, Nizwardi jalinus dan Syahril. 2019. Model Blended Learning. Riau: Unilakk Press.

Paat, Lesli. Ronald, Wensi. 2014. Analisis Dan Pembangunan E-Learning Program Studi Pendidikan Teknik
Informatika Dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado. S2 thesis, UAJY.

Permana, Pepen. 2013. Efektivitas Penerapan Learning Management System (LMS) Dalam Meningkatkan
Kemampuan Menulis Mahasiswa Bahasa Jerman. Jurnal Bahasa dan Sastra Jerman. Vol. 2 No. 2.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-02-01

How to Cite

Nina, N., Khopipah A, S. ., Rahmalia, E. ., Ramadani, A. F. ., Mirawan, A. K. ., Chairunnisa, C., Herdianti, F. ., Ardilla, A. A. ., & Wulandari, I. L. . (2022). Penerapan Learning Management System BelajarBareng.id di SMK Negeri 1 Leuwiliang pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 116–126. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1686