Penerapan Learning Management System BelajarBareng.id di SMK Negeri 1 Leuwiliang pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1686Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMKN 1 Leuwiliang. Untuk mengatasi permasalahan ini, sekolah tersebut menggunakan LMS BelajarBareng.id. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah LMS BelajarBareng.id milik SMKN 1 Leuwiliang, sample penelitiannya akun milik operator, guru dan siswa. Teknik pengumpulan datanya dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembentukan dan implementasi Learning Management System (LMS) BelajarBareng.id dipengaruhi oleh teknologi pendidikan dan sumber daya manusia antara lain:(1) profesionalitas, (2) fungsional, (3) kompetitif), dan (4) partisipasi dan kerjasama. Learning Management System (LMS) BelajarBareng.id memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap, yaitu: (1) administrasi guru, (2) kalender akademik, (3) memberikan materi dan tugas yang lebih variatif, (4) forum diskusi, (5) pelacakan, dan (6) penilaian. Kelebihan dan keunggulannya antara lain guru mudah dalam pemberian tugas kepada siswa, fitur forum chat untuk memudahkan proses diskusi dalam pengerjaan tugas, fitur participation untuk absensi siswa, penilaian kuis langsung tampil di LMS siswa, pembelajaran menjadi lebih menarik dan hemat biaya dan waktu. Sedangkan kekurangannya adalah guru tidak dapat menggunggah file dengan resolusi yang besar baik berupa video, audio, atau dokumen membutuhkan koneksi internet yang stabil, kurangnya interaksi secara real time antara guru dan siswa, membutuhkan perangkat seperti komputer, laptop, atau handphone.
Keywords:
learning management system, BelajarBareng.id, pandemi Covid-19Downloads
References
Pembelajaran Jarak Jauh. Fakultas Teknik UNP Padang.
Basar, Afip Miftahul. 2021. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemic Covid-19. Edunesia:
Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 2, No. 1.
Belawati, T. 2019. Pembelajaran Online. Banten: Universitas Terbuka.Dhika, Harry, Fitriana Destiawati,
Michael Sonny, Surajiyo, Musa Jaya. 2019. Penerapan Learning Management System dalam Media
Pembelajaran Menggunakan Moodle. Proceeding SNIA 2019.
Ningrum, E. 2016. Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi, Vol. 9,
No. 1.
Hasbullah. 2007. Perancangan dan Implementasi Model Pembelajaran E-learning untuk Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran di JPTE FPTK UPI. Bandung: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FPTK UPI.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, Nurliana, Nizwardi jalinus dan Syahril. 2019. Model Blended Learning. Riau: Unilakk Press.
Paat, Lesli. Ronald, Wensi. 2014. Analisis Dan Pembangunan E-Learning Program Studi Pendidikan Teknik
Informatika Dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado. S2 thesis, UAJY.
Permana, Pepen. 2013. Efektivitas Penerapan Learning Management System (LMS) Dalam Meningkatkan
Kemampuan Menulis Mahasiswa Bahasa Jerman. Jurnal Bahasa dan Sastra Jerman. Vol. 2 No. 2.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work