Media Pop Up Book dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1600Abstract
Salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan adalah kurangnya tingkat tingkat perhatian guru terhadap pengembangan pengajaran di sekolah, karena guru kurang memperhatikan media pembelajaran. Penerapan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan suatu tantangan dalam mengembangkan kompetensi guru. Media pembelajaran pop up book bisa dijadikan solusi sebagai media dalam pembelajaran PAI terutama dalam penyampaian kisah Nabi. Media ini dapat meningkatkan minat belajar serta disukai peserta didik karena penampilannya menarik dan membuat peserta didik menjadi kreatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan media pop up book dalam pembelajaran di RA At-taqwa Kabupaten Karawang. penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, pedagogis, dan psikologi. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dalam analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan indikator pengetahuan, antusias, sabar, pengendalian diri, taat, mandiri dan bertanggung jawab pada saat pembelajaran. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop up book dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di RA At-taqwa Kabupaten Karawang.
Keywords:
media pembelajaran, pop up book, minat belajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work