Peningkatan Kemampuan Menggali Informasi tentang Sumber dan Bentuk Energi Melalui Media Audio Visual
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1471Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi melalui audio visual pada siswa kelas III SDN 1 Karangsemi Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini pada siswa kelas III SDN 1 Karangsemi Gondang Nganjuk yang berjumlah 19. Objek penelitian ini aktifitas proses pembelajaran menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil belajar siswa pada prasiklus yang mengalami ketuntasan belajar hanya 9 orang dengan jumlah persentase 47,37%, pada siklus 1 yang mengalami ketuntasan belajar 12 orang dengan jumlah persentase 63,16%, pada siklus 2 yang mengalami ketuntasan belajar 18 orang dengan jumlah persentase 94,74%. Peggunaan media audio visual pada pelajaran kemampuan menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 1 Karangsemi Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
informasi, bentuk energi, media, audio visualDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work