Peningkatan Keterampilan Menulis Hasil Wawancara Dengan Model Role Playing Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1423Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana langkah-langkah penerapan model role playing dalam meningkatkan keterampilan menulis hasil wawancara siswa (2) mengetahui peningkatan keterampilan menulis hasil wawancara dengan model pembelajaran role playing pada siswa kelas IV SDN 7 Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK yang telah dilakukan terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 7 Kebumen. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi siswa, lembar observasi guru, lembar wawancara, tes, dan dokumentasi berupa foto. Analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Teknik kualitatif memiliki empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik data kuantitatif terdiri dari teknik data keterampilan menulis hasil wawancara, teknik data pengamatan guru, dan teknik data hasil belajar menulis wawancara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan menulis hasil wawancara siswa pada siklus I memperoleh rata-rata persentase sebesar 44,56% dengan kategori cukup baik, sedangkan rata-rata persentase yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 71,51% dengan kategori baik. Kemudian hasil belajar menulis wawancara siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 64% dengan kategori belum memenuhi standar nilai KKM, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 76% dengan kategori sudah memenuhi standar nilai KKM. Berdasarkan hasil analisis tersebut penerapan model role playing dapat meningkatkan keterampilan menulis hasil wawancara siswa kelas IV SDN 7 Kebumen.
Kata Kunci: menulis, wawancara, role playing
Keywords:
menulis, wawancara, roleplayingDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work