Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Nilai Agama dan Moral Anak

Authors

  • Yessi Rifmasari STKIP ADZKIA
  • Warlan Sukandar STKIP Adzkia
  • Vuthyah Hyatin Nuvus STKIP Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1407

Keywords:

Media pembelajaran audio visual, nilai agama dan moral anak

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan Nilai Agama dan Moral (NAM) anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak – Kanak. Dilihat dari perkembangan NAM, masih banyak anak yang belum bisa mengenal agama dan hari besar keagamaan. Hal ini terlihat ketika dilakukan observasi, indikator pertama mengenal agama yang dianut 53,33% yang perkembanganya kurang (K), 33,33%  cukup berkembang (C) dan 13,33% perkembanganya baik (B)  . Sedangkan pada indikator kedua, mengetahui hari besar agama 46,67% yang perkembangannya kurang (K), 40% yang perkembanganya cukup (C), 2 anak dengan persentase 13,33% yang perkembanganya baik (B). Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran audio visual terhadap nilai moral dan agama anak usia 5-6 tahun. . Jenis penelitian ini adalah desaign eksperimental quasai. Hasil yang diperoleh thitung >ttabel (2.301 > 2.048), kemudian Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran audio visual terhadap NAM anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak – Kanak.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad,A (2015). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Rajawali Pers.hlm.141

Ernawulan,S (2005). Bimbingan Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud. hlm.25

Hermawan, Asep H, dkk. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: UPI Press.hlm 11

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.hlm.88

Mursid. (2009). Kurikulum dan Pendidikan Anak Usia Dini, Sebuah harapan Masyarakat. Semarang: Akfi Media. hlm. 48-49

Peraturan menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014, Standar Pendidikan Anak Usia Dini

Sanaky, AH, Hujair. (2011). Media Pembelajaran Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosen. h lm.4

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.hlm.117

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.hlm.81

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Rifmasari, Y., Sukandar, W. ., & Nuvus, V. H. . (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Nilai Agama dan Moral Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1992–1997. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1407