Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Membaca Intensif Melalui Media Koran di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Erik Dwi Saputri SDN 2 Warujayeng Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1275

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia topik membaca intensif untuk menentukan gagasan utama dan pendukung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam membaca intensif untuk menentukan gagasan utama dan pendukung dengan menggunakan media koran. Desain prosedur penelitian ini menggunakan desain PTK yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, obeservasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yang terdiri dari (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada awal pra siklus nilai rata-rata kelas sebesar 66,75. Pada siklus I mengalami peningkatan yang semula 66,75 menjadi 73. Pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata nilai menjadi 88. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan media koran dapat meningkatkan minat  dan hasil belajar keterampilan membaca intensif pada siswa kelas VI SDN 2 Warujayeng Nganjuk.

Keywords:

Minat, Hasil Belajar, Membaca Intensif, Media Koran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 298
Downloads Count: 432

Published

2021-08-07

How to Cite

Saputri, E. D. (2021). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Membaca Intensif Melalui Media Koran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 878–887. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1275

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.