Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Membangun Citra Sekolah

Authors

  • Titik Rusyanti Universitas PGRI Palembang
  • Yaser Arafat Universitas PGRI Palembang
  • Destiniar Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1218

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Belitang III. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan April 2021. sumber informan dalam penelitian ini diantaranya Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru. Penelitian ini menggunakan tehnik analisis kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan suatu sekolah dalam membangun citra di masyrakat dibutuhkan penerapan fungsi manajemen humas yang baik, mempunyai perencanaan humas yang jelas dengan menyusun progam kerja. Adanya citra positif sekolah yang telah menjadi harapan sekolah untuk para siswa. Maka citra sekolah untuk siswa tersebut berimplikasi pada peningkatan jumlah siswa yang mendaftar. Kemudian dari citra positif sekolah juga berimplikasi pada daya saing sekolah. SMK Negeri 1 Beitang III mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang ada di OKU Timur dalam hal prestasi sekolah.

Keywords:

manajemen, humas, citra sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Areli, Lian, Kritiawan. (2020). An Evolution of Implementation Industri Work Practice Programs in Vocasional School. International Journal of Progresive Sciences and Technologies (IJPST), 179-186.
Arifin, A. (2003). Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional Dalam Undang - Undang Sisdiknas. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam Depag.
Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsini 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asril, Bukman Lian, Tobari, 2019 The Effect Of Organizational Climateand School Culture on Teachers Perofesional Performance in Palembang, Indonesia. European Journal of Education Studies. Vol. 6
Athoillah, A. (2010). Dasar Dasar Manajemen.
Baharuddin dan Moh. Makin, 2010. Manajemen Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.
Beni, S. A. (2008). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung : Pustaka Setia.
Butterick, Keith. 2012. Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Chusnul Chotimah, 2012. Strategi Public Relation Pondok Pesantren Sidogiri Dalam Membangun Citra Lembaga Pendidikan Islam Jurnal ISLAMICA Volume 7 (1).
D. Kazoleas, Y. Kim dan Moffit, “Institutional Image: a Case Study”, Corporate Communications: An International Journal (205-206).
Danim.S. (2013). Perkembangan Peserta Didik . Bandung: Alfabeta.
Darminta, P. (2007). Kamus umum Bahasa Indonesia . Jakarta : Balai Pustaka.
Daryanto. (2011). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin . Yogyakarta : Gava Media.
David, F. R. (2009). Manajemen Strategis . Jakarta: Salemba Empat.
Depdikbud, R. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Djam'an, d. S. (2010). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.
Elvinaro, 2014. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Enjang Pera Irawan, 2019. Penerapan Peran Public Relations Pada Program Employee Relations Sebagai Upaya Meningkatkan Loyalitas Karyawan, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 2
Erwin Indiroko, 2015. Membangun Citra Publik dalam Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal UNIVERSUM Vol. 9 (2)
Farida Hanun, 2016. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan (Membangun Citra Madrasah Melalui Progam Kelas Unggulan di MTSN 2 Bandar Lampung), Jurnal EDUKASI: Volume 14 (3)
Fatah Yasin, Ahmad. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang: UIN- Maliki Press.
Hanus, S. H. (2016). Membangun Citra Positif Islam. Al-Munzir, Vol. 9 (2).
Harapan, E. (2020). Pembiayaan Pendidikan Teori dan Praktik Menggali Sumber Pembiayaan Pendidikan Nasional. Palembang: NoerFikri.
Harini, Karwanto. (2014). Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Pencitraan Sekolah (Studi Kasus di SMP Al-Hikmah Surabaya). Jurnal Ispirasi Manajemen Pendidikan, 2.
Hasan, Alwi. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen
Hasbullah. (2010). Otonomi Pendidikan . Jakarta : PT. Rajawali Pers.
Ilham, Jurnal Alhadharah, 2014. Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Bimbingan dan Konseling Agama Islam. Jurnal Ilmu Dakwah Vol.13 (25)
Indhira Hari Kurnia, 2013. Djoko Santoso dan Andre Rahmanto, Strategi Humas dalam Meningkatkan Reputasi Sekolah (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta). Jurnal Jupe UNS Vol I (2)
Ira Nur Harini dan Karwanto, 2014. Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam upaya Peningkatan Pencitraan Sekolah (Studi Kasus di SMP Alhikmah Surabaya), Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol. 4 (4)
Kristiawan dkk. 2017. Dasar-dasar Manajemen Pendidika. Palembang: NoerFikri.
Lian dkk. (2019). The Effect Of Organizational Climateand School Culture on Teachers Perofesional Performance in Palembang, Indonesia. European Journal of Education Studies, Vol. 6.
Lian, Bukman dkk (2018) Pendekatan Komitmen Kerja Melalui Peran Ganda dan Stress Kerja. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan (JMKSP) Vol. 3
Mairizon dan Kiswanto, 2013. Implementasi Fungsi-fungsi Manajemen Publik. Jurnal Kebijakan Publik, Volume 4, (2)
Marno dan Trio Supriatno. 2008. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mesiono. 2012. Manajemen Organisasi. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Miles, M. B & Am Huberman, 2009. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, Jakarta: UPI Press.
Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moore, Frazier.2004. Humas Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2017). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah . Jakarta : Bumi Aksara.
Mulyono, 2011, Teknik Manajemen Humas Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Ulumuna Volume XV (1)
Mulyono. 2008. Management Administrasi dan Organisasi Pendidikan.
Murniati, A. (2010). Manajemen Stratejik Peran Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan. Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis.
Nasution, Zulkarnain. 2010. Manajemen Hubungan Masyarakat di Lembaga Pendidikan: Konsep, Fenomena dan Aplikasinya. Malang: UMM Press.
Nurhasanah, 2014. Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Kepanjen Kabupaten Malang, Tesis, Malang, UIN
Oliver, Sandra. 2007. Strategi Public Relation. Jakarta:Esensi Erlangga Group. Peraturan Menteri Agama (PMA) no 90 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah Pasal 1
Peraturan khusus Nomor 82 Tahun 2019 mengenai pendidikan vokasi oleh Presiden Republik Indonesia, tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Qomar, Mujamil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam.Jakarta: Erlangga.
Redja, M. (2001). Pengantar Pendidikan . Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Salusu. (2006). Pengambilan Keputusan Stratejik: Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit. Jakarta: Grasindo.
Sandu, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Medi Publishing.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Siagian, S. P. (2012). Manajemen Strategik. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Sri Hadijah Hanus, 2016, Membangun Citra Positif Islam Melalui Film 99 Cahaya di Langit Eropa. Jurnal Al-Munzir Vol. 9 (2)
Sugiyono, (2010). Memahami PenelitianKualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: TERAS. Suryosubroto, 2012. Hubungan Sekolah dengan Masyarakat (School Public Relations). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Supranto, J. (2007). Teknik Sampilng Untuk Survei dan Eksperimen. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Susanto, A. (2016). Konsep, strategi, dan implementasi manajemen peningkatan kinerja guru. Jakarta : Prenadmedia Group.
Triton, P. (2007). Manajemen Strategi Terapan Perusahaan dan Bisnis. Yogyakarta: Tugu Publiser.
Undang-Undang Republik Indonesi Nomor 20 Tahun 2003 (Depdiknas, 2003), pada bab 2 pasal 3 tentang pendidikan nasional
Undang-Undang. (2006). Undang - undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bandung : Permana.
UPI, T. D. (2009). Manajemen Pendidikan . Bandung : Alfabeta.
Wahidmuri, Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif (Repositori UIN Malang). Wasesa, Silih Agung. 2005. Strategi Publik Relations. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Rajawali Pers.
Wibowo, Ahmad Elly, 2018. Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di MAN 2 Ponorogo. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pasca Sarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo
Widayatsih, T. (2020). Manajemen Praktik Unit Produksi. Palembang: Noerfikri.
Widjaja. 2008. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara. Zuhairini, 2004. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Abstract Views : 2477
Downloads Count: 2062

Published

2021-07-26

How to Cite

Rusyanti, T., Arafat, Y. ., & Destiniar, D. (2021). Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Membangun Citra Sekolah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 753–762. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1218

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.