Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis pada Peserta Didik Kelas Rendah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10755Abstract
Menulis permulaan merupakan salah satu jenis kemampuan yang paling dasar dalam menyampaikan pola bahasa dengan bentuk rangkai kata atau tulisan. Dengan menulis, peserta didik mampu untuk menuangkan ide atau pikirannya. Namun, tidak semua peserta didik memiliki keterampilan menulis yang sepadan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar dalam menulis khususnya di kelas rendah. Penelitian ini memanfaatkan desain penelitian yang bersifat kualitatif dengan memanfaatkan pendekatan deskriptif dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Data pada penelitian ini bersumber dari berita, artikel, dan jurnal publikasi yang pengumpulannya dilakukan dengan memanfaatkan teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi atas literatur dan artikel yang dijadikan sebagai sumber data penelitian. Hasil penelitian menunjukan jika peserta didik dengan kelas rendah mengalami kesulitan menulis. Banyak dari peserta didik belum bisa membedakan antara huruf kapital dengan huruf kecil, lambat dalam menulis, ukuran dan bentuk huruf tidak rata, memegang alat tulis belum sempurna. Permasalahan tersebut disebabkan oleh faktor internal dan kesternal. Faktor internal yang meliputi rendahnya kemampuan motorik, kurangnya daya ingat peserta didik, minat serta motivasi peserta didik yang rendah. Sedangkam faktor eksternal antara lain orang tua yang mengabaikan kemampuan peserta didik, lingkungan sekitar, pengaruh teknologi dan media sosial.
Keywords:
Menulis permulaan, Kesulitan Menulis, Peserta Didik Kelas RendahDownloads
References
Ameilia, L. E. A., Hidayat, M. T., Kasiyun, S., & Ghufron, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Dan Menulis Peserta Didik Di Kelas Rendah Sdit Alfurqan Kalitengah Lamongan. Js (Jurnal Sekolah), 7(1), 31. https://doi.org/10.24114/js.v7i1.36796
Fajri, A. N., & Wardana, D. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Menulis Siswa Kelas 2 Sdn Kayu Putih 03. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2548–6950.
Fauziah, H. (2018). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I Mi. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 173. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1241
Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360–7367. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3519
Igo, L., Nurlaila, M., & Suardin. (2023). PENUH ASA JURNAL MAHASISWA Pendidikan Guru Sekolah Dasar Analisis Kesulitan Menulis Siswa Kelas III SD Negeri Mole di Kabupaten Wakatobi. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 248–256. https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/penuhasahttps://doi.org/10.35326/penuhasa.v8i4.3838
Iryani, W. S., Sumantri, S., & Zakiah, L. (2024). Survei Faktor Kesulitan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 658–669.
Jaa, M. (2024). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II DI SDI RUTOSORO. Menulis Permulaan Siswa Kelas II Di SDI Rutosoro, 4, 1524–1534. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jcp.v4i1.2904
Khoirun Alfizein Khasanah, R. S. (2023). Analisis Kesulitan Menulis Permulaan pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas II SD Negeri Samir Tulungagung. 3(2), 147–157. http://repository.upi.edu/88310/1/S_PGSD_1902010_Title.pdf
Kusna, K. R., Septianingrum, K., & Chaeroh, M. (2024). Mengungkap Faktor-Faktor Penghambat Kemampuan Menulis Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Birul Walidain Widodaren. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 789–794. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.855
Mashlahati, P. (2023). Analisis Kesulitan Belajara Menulis Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3168–3178.
Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.
Nurlaily, F., & Pranata, K. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas Redah di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(3), 476. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5297
Paba, E., Noge, M. D., & Wau, M. P. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sdi Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada Tahun 2020. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 265–276. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i2.246
Tugu, S. D. N., Cihideung, K., Suryana, N., Rakhmat, C., & Chandra, D. (2024). Analisis kesulitan menulis permulaan pada peserta didik kelas I SDN 3 Tugu Kecamatan Cihideung. 07(05), 931–940.
Utari, V., & Rambe, R. N. (2023). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Pada Siswa Kelas Rendah di SD/MI. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 362–367. https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/249
Zed, M. (2008). Metode Penelitiaan kepustakaan. In Metode Penelitian Kepustakaan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahma Audina Amalia, Afakhrul Masub Bakhtiar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work