Perencanaan Pembelajaran PAUD: Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Menyenangkan dan Edukatif
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10432Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam membangun dasar perkembangan anak, mencakup aspek fisik, kognitif, sosial, emosional, dan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep lingkungan belajar yang menyenangkan dan edukatif sebagai upaya meningkatkan kualitas pengelolaan PAUD. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan referensi lainnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang menyenangkan mendukung perkembangan motorik, kreativitas, serta keterampilan komunikasi anak. Pendekatan Montessori menekankan pentingnya aksesibilitas, kebebasan memilih, tanggung jawab pribadi, serta keindahan dan harmoni dalam lingkungan belajar. Selain itu, permainan edukatif seperti permainan balok, puzzle, dan congklak berkontribusi terhadap perkembangan kognitif dan sosial anak. Peran guru dan orang tua sangat krusial dalam membentuk pengalaman belajar yang berkualitas. Kesimpulannya, pembelajaran yang menyenangkan dan edukatif pada PAUD harus dirancang dengan mempertimbangkan lingkungan, metode, serta kolaborasi antara sekolah dan keluarga untuk menghasilkan anak yang aktif, kreatif, dan memiliki keterampilan sosial yang baik.
Keywords:
Perencanaan pembelajaran PAUD,, Permainan edukatif, keterampilan sosialDownloads
References
Astriani, M. M., & Alfahnum, M. A. (2020). Peningkatan kompetensi guru PAUD dalam mengembangkan media pembelajaran inovatif. Jurnal PKM (Pengabdian kepada masyarakat), 3(4), 366-371.
Cartledge, G., & Milburn, J. F. (1995). Teaching social skills to children and youth: Innovative approaches. (No Title).
Fadlillah, M. (2016, May). Penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia dini melalui permainan-permainan edukatif. In Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Unmuh Ponorogo.
Fadllurrohman, F., & Firdaus, R. (2024). Analisis Swot Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Permainan Edukatif. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1416-1426.
Fatimah, F. N., Afifah, H. U. N., Auliani, R., & Larasati, S. A. (2023). Alat permainan edukatif sebagai sumber dan media pembelajaran anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 44-56.
Fink, A. (2019). Conducting research literature reviews: From the internet to paper. Sage publications.
Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi pendidik anak usia dini era covid-19 dalam menumbuhkan kemampuan berfikir logis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158-167.
Hidayatulloh, M. A. (2014). Lingkungan Menyenangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pemikiran Montessori. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 139-154.
Ikha, T., & Ariyati, T. (2024). Strategi Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 611-624.
Istianti, T. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Untuk Membentuk Prilaku Sosial Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).
Jaoza, S. N. (2024). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Global Leadership Organizational Research in Management, 2(2), 01-09.
Karim, M. B., & Wifroh, S. H. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 103-113.
Khairunnisa, K., Aprison, W., & Pratama, A. R. (2024). Mengintegrasikan Pembiayaan Pendidikan Islam dengan Kebijakan Nasional dalam Mewujudkan SDGs No. 4: Kajian QS. Al-Mujadallah Ayat 12-13, UU No. 20 Tahun 2003, dan Teori Human Capital. Jurnal Visi Manajemen, 10(1), 01-15.
Komara, H. W., & Rohmalina, R. (2023). Media Pembelajaran Loose Parts Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(5), 491-498.
Maghfiroh, Q. A., Aliffaturohmah, D., Aisyiah, L. N., Lestari, H. P., Yuliati, N., & Khoiriah, A. (2024). Dampak Ketidaksesuaian Alat Permainan Edukatif terhadap Perkembangan Literasi Anak Usia 4-5 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 13-24.
Miranda, D., & Ramadhani, A. (2024). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Anak. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 69-80.
Montessori, M. (2016). The Montessori Method-Scientific Pedagogy as Applied to Child Education. anboco.
Montessori, Maria, Metode Montessori: Panduan Wajib untuk Guru dan Orang Tua Didik PAUD, editor: Gerald Lee Gutex, terj. Ahmad Lintang Lazuardi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013).
Mulyati, M. (2019). Alim| Journal of Islamic Educatioan. Alim Journal of Islamic, I (2), 389-400.
Nugroho, A. D., Gemilang, A. V., Surwanti, D., Lestari, T., & Sari, R. E. (2024). Upaya Peningkatan Kesadaran Masyarakat terhadap Pendidikan Berbasis Ajaran Tamansiswa. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 7(2), 139-146.
Nurdin, N. (2021). Penerapan Konsep Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Edutainment dalam Pembelajaran di PAUD. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56-67.
Nurhayati, S., Pratama, M. M., & Wahyuni, I. W. (2020). Perkembangan interaksi sosial dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional melalui permainan congklak pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Buah Hati, 7(2), 125-137.
Nurussakinah, T., Mulyadi, S., & Gandana, G. (2024). Menyongsong Masa Depan: Survei Implementasi Pendidikan Inklusi Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 389-403.
Priatna, D. (2018). Meningkatkan kapasitas belajar anak usia dini melalui pembelajaran interaktif kreatif dan edukatif. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).
Putri, H. A. (2024). Menciptakan Lingkungan Belajar Aman dan Nyaman di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 754-767.
Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan keterampilan sosial anak usia dini. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 2(1), 52-65.
Rakhmawati, R. (2022). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 381-387.
Setiawan, M. H. Y. (2016). Melatih keterampilan sosial anak usia dini melalui permainan tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1-8.
Siswanto, S., Zaelansyah, Z., Susanti, E., & Fransiska, J. (2019). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Generasi Unggul Dan Sukses. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 35-44.
Solahudin, M. N., Putra, Y. P., & Fauzi, R. A. (2023). Pendidikan Keluarga: Sebuah Upaya Membangun Kesadaran Orangtua dalam Mendidik Anak Dewasa Ini. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 7(2), 222-233.
Suryana, D. (2022). Permainan edukatif setatak angka dalam menstimulasi kemampuan berfikir simbolik anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1790-1798.
Tanto, O. D., Saputri, S. W. D., Hapsari, S. M., Tittandi, N. A., & Zulaikhah, S. (2024). Interpertasi Fungsi Pendidikan Informal sebagai Dasar Penyelenggaraan Pembelajaran PAUD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1525-1538.
Umami, Y. S., & Suryono, Y. (2020). Parents Perceptions Regarding The Implementation of Child Friendly School Policy in Early Childhood Education. Jurnal Pendidikan Progresif, 10(1), 73-82.
Wulandari, H., & Mumtaz, N. A. (2023). Kreatifitas Guru Dalam Membuat Alat Permainan Edukatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(15), 447-454.
Yusuf, O. Y. H., Devi, W. O., Silfana, I., Sunarni, S., Lisnawati, L., Marwah, W. O. Z., ... & Helni, W. O. (2024). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(1), 228-234.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jeane Siti Dwijantie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work