PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEMATIK TERPADU DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DI KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3082Abstract
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kevalidan Lembar kerja Peserta didik untuk digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development menggunakan model 4D yaitu define, design, developement, desseminate. Kegiatan yang dilakukan pada tahap uji validitas Lembar Kerja Peserta didik kepada 3 orang ahli yaitu, Ahli Materi KeSDan dengan nilai validasi 3,30, ahli Tata Bahasa dengan nilai validasi 2,75, dan Ahli desain dengan nilai validasi 3,50. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai yang diperoleh dari validator sebesar 3,18 (Sangat Valid) hal ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta didik sangat layak untuk digunakan). Pada tahap Praktikalitas Lembar kerja peserta didik dinilai oleh 1 orang Pendidik yaitu 3,66 (Sangat Praktis) dan 5 orang Pesrta Didik 3,75 (Sangat Praktis). Kesimpulannya Lembar kerja peserta didik Tematik Terpadu Menggunakan Model Tihnk Pair and Share valid dan praktis digunakan digunakan pada kelas V Sekolah Dasar.
Keywords:
LKPD, Tematik Terpadu, Think Pair ShareDownloads
References
Agus, T. dkk. (2011). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Asrika, N., dkk. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2). (https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/7958), diakses pada 27 Juni 2022.
Chan, F. (2019). Pengembangan Buku Petunjuk Pratikum IPA Berbasis Learning Cycle Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 4(2). (http://online –journal.unja.ac.id/index.php/gentapala. Diakses pada 27 Juni 2022.
Fathurrahman. (2015). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Hamdayana, J. (2014). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia Press.
Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ismira. (2018). Pengembangan Produk Strategi Bimbingan Karir Berbasis Merantau Etnik Minangkabau. Forum Peneliti, (3) 128. Disertasi.
Jihad, A dan Abdul, H. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Komalasari. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Refika aditama.
Kurniasih, I & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena.
Mawlidyana, H. T., & Istinah, F. (2019). Pengembangan Lkpd Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif TPS Untuk Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar | Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7(6), 3557–3566. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/29541
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja rosdakarya.
Meinengsih, E. R. & Zuardi. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Journal of Basic Education Studies. 4(1). file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/3633-Research%20Results-13043-1-10-20210530.pdf.
Meilisah, O. A., Friansyah, D., & Refianti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII Mts Negeri Lubuklinggau. 39, 1–2.
Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Nataliasari, I. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 1–12.
Nur, F., dkk. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Model Kooperatif Think Pair-Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(2). https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/SYA72, diakses pada 26 Juni 2022.
Nurdin, S. & Adriantoni. (2019). Profesi Keguruan. Jakarta: Raja Grafindo.
Pradana, O. R. Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(1), 1–6. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rusman. (2018). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Raja Grafindo.
Rosalina, W., dkk. (2020). Penerapan Pembelajaran Tematik Melalui Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 12 Bengkulu Tengah. JP3D (Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 5(1). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/index). Diakses pada 27 Juni 2022.
Sa’ud, U. S. (2013). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syarif, A. F. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Model Kooperatif Tps (Think-Pair-Share) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Matriks Kelas XI MAN 1 Makassar. In Skripsi. UIN Alauddin Makassar.
Sujarwo. (2011). Metode Pembelajaran Pendidikan Keaksaraan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sigmund Freud. (2008). International journal of Environmental & Science Educational, 3(4).
Syarif, A. F., dkk. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Model Kooperatif Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika,7(2)(https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/SYA72/1859). Diakses pada 23 Juni 2022.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Kencana.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Silvi Melindawati, Andriantoni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).