PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEMATIK TERPADU DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Silfi Melindawati Universitas Adzkia
  • Adriantoni Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3082

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kevalidan Lembar kerja Peserta didik untuk digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development menggunakan model 4D yaitu define, design, developement, desseminate. Kegiatan yang dilakukan  pada tahap uji validitas Lembar Kerja Peserta didik kepada 3 orang ahli yaitu, Ahli Materi KeSDan dengan nilai validasi 3,30, ahli Tata Bahasa dengan nilai validasi 2,75, dan Ahli desain dengan nilai validasi 3,50. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai yang diperoleh dari validator sebesar 3,18 (Sangat Valid) hal ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta didik sangat layak untuk digunakan). Pada tahap Praktikalitas Lembar kerja peserta didik dinilai oleh 1 orang Pendidik yaitu 3,66 (Sangat Praktis) dan 5 orang Pesrta Didik 3,75 (Sangat Praktis). Kesimpulannya Lembar kerja peserta didik Tematik Terpadu Menggunakan Model Tihnk Pair and Share valid dan praktis digunakan digunakan pada kelas V Sekolah Dasar.

Keywords:

LKPD, Tematik Terpadu, Think Pair Share

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, T. dkk. (2011). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Asrika, N., dkk. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2). (https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/7958), diakses pada 27 Juni 2022.

Chan, F. (2019). Pengembangan Buku Petunjuk Pratikum IPA Berbasis Learning Cycle Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 4(2). (http://online –journal.unja.ac.id/index.php/gentapala. Diakses pada 27 Juni 2022.

Fathurrahman. (2015). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Hamdayana, J. (2014). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia Press.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ismira. (2018). Pengembangan Produk Strategi Bimbingan Karir Berbasis Merantau Etnik Minangkabau. Forum Peneliti, (3) 128. Disertasi.

Jihad, A dan Abdul, H. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Komalasari. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Refika aditama.

Kurniasih, I & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena.

Mawlidyana, H. T., & Istinah, F. (2019). Pengembangan Lkpd Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif TPS Untuk Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar | Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7(6), 3557–3566. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/29541

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja rosdakarya.

Meinengsih, E. R. & Zuardi. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Journal of Basic Education Studies. 4(1). file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/3633-Research%20Results-13043-1-10-20210530.pdf.

Meilisah, O. A., Friansyah, D., & Refianti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII Mts Negeri Lubuklinggau. 39, 1–2.

Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Nataliasari, I. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 1–12.

Nur, F., dkk. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Model Kooperatif Think Pair-Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(2). https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/SYA72, diakses pada 26 Juni 2022.

Nurdin, S. & Adriantoni. (2019). Profesi Keguruan. Jakarta: Raja Grafindo.

Pradana, O. R. Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(1), 1–6. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rusman. (2018). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Raja Grafindo.

Rosalina, W., dkk. (2020). Penerapan Pembelajaran Tematik Melalui Model Kooperatif Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 12 Bengkulu Tengah. JP3D (Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar), 5(1). (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dikdas/index). Diakses pada 27 Juni 2022.

Sa’ud, U. S. (2013). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarif, A. F. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Model Kooperatif Tps (Think-Pair-Share) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Matriks Kelas XI MAN 1 Makassar. In Skripsi. UIN Alauddin Makassar.

Sujarwo. (2011). Metode Pembelajaran Pendidikan Keaksaraan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sigmund Freud. (2008). International journal of Environmental & Science Educational, 3(4).

Syarif, A. F., dkk. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Model Kooperatif Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika,7(2)(https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/SYA72/1859). Diakses pada 23 Juni 2022.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Downloads

Abstract Views : 908
Downloads Count: 437

Published

2022-10-27

How to Cite

Silfi Melindawati, & Adriantoni. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEMATIK TERPADU DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1471–1485. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3082

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.