PENGARUH PENGGUNA MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD

Authors

  • Nadya Putri Amelia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Samsul Ma’arif Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2885

Abstract

Meningkatnya jumlah pengguna jejaring sosial tiktok di kalangan siswa sekolah dasar di Indonesia tentunya akan mempengaruhi pembelajaran siswa, terutama dalam hal keterampilan digital dalam matematika. Memiliki kemampuan berhitung sangat penting karena siswa akan dapat berhitung sedemikian rupa sehingga nantinya akan menemui masalah yang dianggap sulit dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengguna media sosial TikTok terhadap kemampuan numerasi matematika siswa. Penelitian ini mengadopsi metode kuantitatif eksperimental, kelompok kontrol sebelum dan sesudah eksperimen dirancang, dan sampel penelitian ini mengadopsi metode sampling jenuh untuk menentukan jumlah populasi. Instrumen yang digunakan berupa kertas tes yang terdiri dari 7 soal dan 7 pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pretest eksperimen dan kontrol Thitung = -7.629 < Ttabel = 1,672 = (0,05) Oleh sebab itu pada pretest eksperimen dan kontrol H₀ ditolak, sedangkan pada posttest eksperimen dan kontrol Thitung = 6,029 > Ttabel = 1,672 = (0,05) Oleh karena itu posttest eksperimen dan kontrol H1 diterima. Sebagai itu, dapat dibuktikan maka pengguna media sosial TikTok berpengaruh terhadap kemampuan matematis hasil belajar siswa kelas IV.

Keywords:

kemampuan numerasi, matematika, media sosial tiktok

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, F., Jafar, M. I., & Adnan.K. (2021). Hubungan Kemampuan Literasi Numerasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus II. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 423–430.

Aiman, F. dan I. K. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2 juli), 155–164.

Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 431, 431–440.

Alexandro, R., Hariatama, F. ., & Uda, T. (2022). TikTok Analysis as a Learning Media and Activism Instrument. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 55(1), 211–221.

Amalia Ferniansyah, Siti Nursanti, L. N. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Kreativitas Berpikir Generasi Z. 4(1), 6.

Asdiniah Triana, E. N. A. L. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(Vol. 5 No. 1 (2021): 2021), 1675–1682. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1156/1036

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(02), 237–247. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/2299

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Hwang, G. J., & Tu, Y. F. (2021). Roles and research trends of artificial intelligence in mathematics education: A bibliometric mapping analysis and systematic review. Mathematics, 9(6). https://doi.org/10.3390/math9060584

Marfu’ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54.

Marini, R. (2019). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik di SMPN 1 Gunung Sugih Lab. Lampung Tengah.

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org

Rijal, S., & Sukmayadi, Y. (2021). The Use of the TikTok Application as a Music Learning Media for Junior High School Students. 519(Icade 2020), 104–108. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210203.023

Santrok, 2011. (2011). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perilaku Kecanduan Mahasiswa. 4(1), 6.

Silviana, D., & Mardiani, D. (2021). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review dan Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 291–302.

Sudargini, Y., & Purwanto, A. (2020). Pendidikan Pendekatan Multikultural Untuk Membentuk Karakter dan Identitas Nasional di Era Revolusi Industri 4.0 : A Literature Review. Journal Industrial Engineering & Management Research ( Jiemar), 1(3), 2722–8878. https://doi.org/10.7777/jiemar

Wicaksana, S. B., & Anistyasari, Y. (2020). Tinjauan Pustaka Sistematis Tentang Penggunaan Flashcard pada Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal IT- EDU, 5(1), 121–131.

Zhong, B., & Xia, L. (2020). A Systematic Review on Exploring the Potential of Educational Robotics in Mathematics Education. International Journal of Science and Mathematics Education, 18(1), 79–101. https://doi.org/10.1007/s10763-018-09939-y

Downloads

Abstract Views : 2378
Downloads Count: 1854

Published

2022-10-27

How to Cite

Nadya Putri Amelia, & Samsul Ma’arif. (2022). PENGARUH PENGGUNA MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1201–1207. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2885

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 14 15 16 17 18 19 

You may also start an advanced similarity search for this article.