PENGARUH MODEL ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Khaidir Fadil Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Amran Amran Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Noor Isna Alfaien Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2422

Abstract

Penerapan model ARIAS untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi awal penelitian dimana masih terdapat banyak kesulitan belajar yang dialami siswa sehingga berdampak dengan menurunnya hasil belajar.  Penelitian ini bertujuan guna memperoleh informasi mengenai pengaruh model ARIAS bagi hasil belajar murid kelas IV Pendidikan Kewarganegaraan MIS Miftahul Athfal pada materi Globalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan rancangan kontrol group pretest-posttest design Partisipan dalam riset ini ialah 60 siswa MIS Miftahul Athfal Athfal kelas IV, dengan kelas IVB sebagai kelas eksperimen untuk pembelajaran dengan model ARIAS dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ARIAS berpengaruh terhadap hasil belajar murid MIS Miftahul Athfal pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam materi globalisasi dengan hasil pretest yaitu ialah 74,00 dengan skor rata-rata posttest adalah 86,00. Artinya nilainya ada peningkatan menjadi 12.00. sedangkan Nilai pre-tes rata-rata di kelas kontrol adalah 66,00 dan rata-rata posttest adalah 71,00. Artinya, nilainya meningkat menjadi 6,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya yakni model ARIAS memiliki pengaruh yang cukup besar bagi hasil belajar murid pada mata pelajaran PKn kelas IV MIS anak Miftahul Athfal di Kecamatan Kemang sebagai kelas eksperimen setelah perlakuan dengan memakai model ARIAS.

Keywords:

hasil belajar, model ARIAS, pendidikan kewarganegaraan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Razak, Abdul., (2010). Kompilasi Undang – Undang & Peraturan Bidang Pendidikan.

Amran, A., Fadil, K., & Kurnia, D. (2020). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Antara Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Pendekatan Problem Solving di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.600

Dewi, D. A., Sabaritha Nimaisa, G., Poetrie, S., & Amalia, C. (2022). Analisis Pemahaman Mahasiswa PPSD UPI Cibiru Terhadap Mata Kuliah Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1912

Endan Ratnawati SMA Negeri, R., Penyu, P., Simp Tiga Lirik Air Molek, J., & Merah Indragiri Hulu, T. (2018). Model Pembelajaran Arias Dengan Laboratorium Mini Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA. 2(1), 70–87.

Fadil, K., & Amran, A. (2020). Pengaruh Model Savi Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Pada Pembelajaran IPA. ESJ (Elementary School Journal) Volume 10 No. 4 Desember 2020, 10(4), 235–243.

Firdiani, D., Syarif, I., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., & Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, dan Satisfaction) dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 138 Kulinjang (Vol. 109, Issue 2).

Handayani, F., Yulianti, N., & Erita, Y. (2022). Desain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Teknologi Informasi di Tingkat Sekolah Dasar serta Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 6(1), 767–781. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2034

Khatimah, K., & Wayan Darmadi, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS mengunakan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika The Effect of the ARIAS Learning Model using the Experimental Method on Physics Learning Outcomes. In Jurnal Kreatif Online (JKO) (Vol. 9, Issue 2). http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jko

Lestari, A., Nursalam, N., & Mardhiah, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (assurance, relevance, interest, assesment, satisfaction) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Sungguminasa Kab. Gowa. MaPan, 5(1), 110–124. https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n1a8

Pasaribu, E., Sijabat, D., & Pematangsiantar, N. (2022). Hubungan Kecemasan Berkomunikasi dan Percaya Diri dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar. 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2441

Prasiscka, A., & Ganda Putra, F. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan Ice Breaking Games Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. In Maret (Vol. 8, Issue 1).

Rahmayanti, N. H., Mahfud, H., & Ardiansyah, R. (n.d.). Penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran daring mata pelajaran PKn di kelas V sekolah dasar.

Rizka Sari, N., Pendidikan Ekonomi, J., Ekonomi, F., & Negeri Padang, U. (2018). Maret 2020 Pengaruh Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran dan Intesitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 5 Padang Pada Mata Pelajaram Ekonomi Tahun Ajaran. 3(1). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/index

Rumantara, A., Nisa, K., Istiningsih, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarificasion Technique) Terhadap Hasil Belajar PKN SISWA Kelas IV SD Inpres Lewintana Tahun Ajaran 2020. https://jurnal.educ3.org/index.php

Sufajar, A., Kurniawan, K., & Cahyani, I. (n.d.). Model Pembelajaran ARIAS (Asurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dalam Keterampilan Berbicara Siswa. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa

Suhandi, A. M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Penerapan Perilaku Jujur Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Academy of Education Journal, 13(1), 40–50. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.941

Syafira Putri Lubis, L., & Anwar, W. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Prosedur oleh Siswa Kelas XI SMA.

Downloads

Abstract Views : 508
Downloads Count: 325

Published

2022-07-23

How to Cite

Khaidir Fadil, Amran, A., & Alfaien, N. I. (2022). PENGARUH MODEL ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 661–669. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2422

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.