ANALISIS PROBLEMATIKA DI SEKOLAH

(Studi Kasus Penerimaan Siswa Baru di SDN Panongan II Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka)

Penulis

  • Caswanda Caswanda SDN Panongan II, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka
  • Kamaludin Kamaludin Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Majalengka
  • Nuruddin Araniri Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v4i2.8430

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah Belum optimalnya penerimaan siswa baru pada tahun ajaran 2022/2023 SDN Panongan II  Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka. Tujuan dari penilitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab siswa baru yang mendaftar di kelas I SDN Panongan II sedikit pada tahun ajaran 2022/2023 apabila dibandingkan dengan tahun-tahun ajaran sebelumnya.   Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan Triangulasi. Hasilnya, Kami menemukan bahwa jumlah siswa baru di SD Negeri  Panongan II  dipengaruhi  oleh  beberapa  faktor diantaranya suksesnya program keluarga berencana, kurangnya promosi yang dilakukan sekolah, faktor kurangnya PTK, dan faktor sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. Berdasarkan penelitian ini, maka sekolah mengadakan perbaikan dengan melakukan promosi pada saat sebelum penerimaan murid baru baik ke TK, maupun ke RA, memperbaiki fasiltas sarana dan prasarana kelas, menambah jumlah PTK untuk memperbaiki layanan pembelajaran, dan membuat program-program sekolah yang jelas untuk membuat kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien untuk mengatasi masalah ini.

Kata Kunci:

Problematika, Sekolah, Penerimaan, Siswa Baru

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fitrianty, D. D., Maulinda, Z. P., Kinanty, A. M., & Damariswara, R. (2022). Analisis Problematika di Sekolah dengan Jumlah Siswa Sedikit Study Kasus di SDN Ngujung 1. Semdikjar, 331–337. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1953%0Ahttps://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/download/1953/1300

Ismaya, B. (2015). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Kamaludin, K. (2022). Identifikasi Manajemen Strategis Pada Sekolah Dasar Negeri di Era Disruptif. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 278–289. http://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jipsi/article/view/50

Kamaludin, K. (2023). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan Dalam Pemberdayaan Warga Sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(2), 249–258. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i2.11309

Kamaludin, K., Widodo, J., Handoyo, E., & Masyhar, A. (2020). Kewenangan Supervisi Akademik Dalam Perbaikan Pembelajaran Berkelanjutan. Prosiding Seminar, 2019. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/685/605

Khaudli, M. I., Dimyati, M., & Farizi, A. K. (2023). PERAN WAKA HUMAS DALAM UPAYA PROMOSI GUNA MENARIK MINAT CALON PESERTA DIDIK DI MTs AL-AMIRIYYAH BLOKAGUNG BANYUWANGI. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 4(2), 266–281. https://doi.org/10.30739/jmpid.v4i2.1833

Kompri. (2017). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.

Madi, Sulastri, & Imelda. (2023). Dampak Program Keluarga Berencana (KB) Terhadap Eksistensi Lembaga Pendidikan (Studi Kasus pada SD Negeri 41 Buton). Syaitar, 3(2), 105–114.

Muhamad, H., Efendi, A., & Basori, B. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 12(1), 56. https://doi.org/10.20961/jiptek.v12i1.19118

Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Purnamasari, Y., & S, V. (2020). Strategi Pemasaran dalam Membangun Brand Image pada Sekolah Aluna Montessori Jakarta. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 12(01), 34. https://doi.org/10.38041/jikom1.v12i01.115

Sibagariang, S. A., Purba, S., & Rangkuti, I. (2023). Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Menarik Minat Siswa Baru di SMK HKBP Pematang Siantar. Innovative: Journal Of Social …, 3, 5332–5345. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/890%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/890/733

Siregar, F. A. (2018). Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sereal Untuk, 51(1), 51.

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala sekolah dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, K., & Palupiningdyah. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Keluarga, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Di Smk Pangudi Luhur Tarcisius 1 Semarang. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 47–58. http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/

Unduhan

Abstract Views : 72
Downloads Count: 40

Diterbitkan

2023-04-30

Terbitan

Bagian

Articles