Analisis Dampak Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Pengguna BPJS Kesehatan Kelas 3 Di Ruang Melati RSUD Majalengka

Penulis

  • Tri Sulastri Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Majalengka

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan pengguna BPJS kesehatan kelas 3 di ruang melati RSUD Majalengka. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan pengguna BPJS Kesehatan kelas 3di ruang Melati RSUD Majalengka belum maksimal. Alat ukur yang digunakan yaitu variabel X adalah kualitas pelayanan publik menurut Zeithaml yaitu berwujud, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Sedangkan alat ukur variabel Y adalah Kepuasan Pengguna (Pasien) (Y) . Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Setelah dilakukan analisis data dan uji hipotesis diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan publik di RSUD Majalengka dikategorikan sangat baik dengan nilai sebesar 4,34 dan standar deviasi 0,559. Sedangkan kepuasan pengguna (pasien) mencapai kategori sangat baik dengan nilai sebesar 4,28 dan standar deviasi 0,594. Nilai koefisien determinasi (R2) antara variabel X terhadap Y sebesar 0,574. Hal ini berarti dampak kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan pengguna (pasien) sebesar 57,4% sedangkan hasil uji t (taraf signifikan) diperoleh nilai t hitung sebesar 10,182 dengan t tabel sebesar 1,665. Sehingga hipotesis teruji kebenarannya dan dapat diterima yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan publik (X) terhadap kepuasna pengguna (pasien) (Y).

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan Publik dan Kepuasan pengguna, dampak, , BPJS

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 82
Downloads Count: 76

Diterbitkan

01-09-2024

Cara Mengutip

Sulastri, T. (2024). Analisis Dampak Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Pengguna BPJS Kesehatan Kelas 3 Di Ruang Melati RSUD Majalengka. Jurnal Mahasiswa Sosial Humaniora, 1(1), 109–123. Diambil dari https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jumash/article/view/11327

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.