Strategi Komunikasi Pemasaran Digital di Instagram Pada Akun @niskala_coffee

Penulis

  • Elsa Adethia Nurfitri Universitas Majalengka

Abstrak

Perkembangan media sosial sebagai alat komunikasi pemasaran digital telah memberikan peluang besar bagi pelaku usaha dalam menjangkau konsumen secara lebih luas dan personal. Salah satu media sosial yang digunakan adalah Instagram, seperti yang diterapkan oleh Niskala Coffee dalam membangun brand awareness dan hubungan interaktif dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh Niskala Coffee melalui akun Instagram @niskala_coffee, mengungkap elemen kunci strategi tersebut, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap aktivitas pemasaran di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Niskala Coffee telah menerapkan perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang terarah, meliputi perencanaan konten, pembuatan content calendar, pelaksanaan program loyalty card, hingga interaksi aktif dengan konsumen melalui fitur Instagram dan WhatsApp. Selain itu, Niskala Coffee rutin melakukan analisis SWOT bulanan guna mengukur efektivitas strategi dan mengidentifikasi potensi perbaikan. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan telah membantu Niskala Coffee dalam membangun brand awareness dan meningkatkan keterlibatan audiens meskipun masih terdapat tantangan dalam menghadapi persaingan serta perubahan tren digital.

 

Kata-kata Kunci: Strategi Pemasaran Digital; Instagram; Komunikasi Pemasaran Terpadu; SWOT; Loyalitas Konsumen.

Kata Kunci:

instagram, komunikasi pemasara terpadu, swot, loyalitas konsumen, strategi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 0
Downloads Count: 0

Diterbitkan

28-06-2025

Cara Mengutip

Adethia Nurfitri, E. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital di Instagram Pada Akun @niskala_coffee. Jurnal Mahasiswa Sosial Humaniora, 2(1), 107–133. Diambil dari https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jumash/article/view/14176

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.