Pengaruh Latihan Menggunakan Hula Hoop Terhadap Kecepatan Renang Gaya Kupu-Kupu Pada Atlet Caruban Aquatic Club Cirebon

Authors

  • Yera Sekar As'andira Universitas Majalengka
  • Didik S. P. Raharja Universitas Majalengka
  • Sandra Arhesa Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.615

Abstract

Keterampilan gerak pinggul pada gerakan kaki gaya kupu-kupu atlet Caruban Aquatic Club masih rendah, indikasi kesalahan yang dilakukan yaitu gerakan kaki gaya kupu-kupu yang dimulai dari lutut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan menggunakan hula hoop dan latihan konvensional terhadap kecepatan renang gaya kupu-kupu. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah atlet renang Caruban Aquatic Club Cirebon, menggunakan total sampling sebanyak 10 orang atlet yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol melalui teknik pengambilan sampel random sederhana dengan cara diundi. Menggunakan instrumen tes kecepatan renang gaya kupu-kupu. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS 17. Uji hipotesis kecepatan renang diperoleh Thitung 0,002 < Ttabel 2.77 dan Sig. (2-tailed) 0.0998 > 0.05, maka hipotesis yang diajukan terdapat perbedaan pengaruh latihan menggunakan hula hoop dan latihan secara konvensional terhadap kecepatan renang gaya kupu-kupu, tidak dapat diterima. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh latihan hula hoop dan latihan konvensional terhadap kecepatan renang gaya kupu-kupu pada atlet renang di perkumpulan Caruban Aquatic Club Cirebon.

Keywords:

latihan hula hoop, kecepatan renang gaya kupu-kupu

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 637
Downloads Count: 523

Published

2021-04-30

How to Cite

As’andira, Y. S., Raharja, D. S. P. ., & Arhesa, S. . (2021). Pengaruh Latihan Menggunakan Hula Hoop Terhadap Kecepatan Renang Gaya Kupu-Kupu Pada Atlet Caruban Aquatic Club Cirebon. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 317–321. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.615

Issue

Section

Articles