Media Mainan Peta Anak Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Khairunnisa Pulungan Universitas Islam Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5741

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakang rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa pada materi peta. Media pembelajaran yang selama digunakan diduga menjadi penyebab rendahnya siswa dalam memahami materi peta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Mainan Peta Anak (Mapena) pada materi peta untuk siswa kelas V SDN 193 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan tiga tahapan. Tahap pertama adalah tahap analisis, di mana materi pembelajaran dievaluasi, kebutuhan guru dan siswa dianalisis, serta informasi awal yang diperlukan dikumpulkan. Tahap kedua adalah tahap perancangan, di mana media pembelajaran Mapena dirancang sesuai dengan kebutuhan yang telah diidentifikasi sebelumnya. Tahap ketiga adalah tahap pengembangan, yang mencakup uji validitas media pembelajaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari berbagai sumber, termasuk guru, siswa, validator, serta referensi seperti jurnal, buku, dan penelitian sebelumnya. Data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara baik kualitatif maupun kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian terhadap aspek materi dari media Mapena mencapai persentase 87,5%, dengan kategori sangat layak. Sedangkan dari segi aspek media, media Mapena memperoleh persentase 95,45%, juga dengan kategori sangat layak. Secara keseluruhan, validitas media Mapena mendapatkan nilai rata-rata sebesar 91,47%, sehingga media tersebut dapat dikategorikan sebagai sangat layak dan tidak memerlukan revisi.

Keywords:

media, Mapena (Mainan Peta Anak), Materi Peta

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adini, E. Y., Hasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengembangan media pembelajaran MAPENA (Mainan peta anak) pada materi IPS untuk siswa kelas IV SDN 39 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 1-7.

Dafit, F., & Mustika, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4889-4903.

Desmita, D. (2009). Psikologi perkembangan peserta didik. Remaja Rosdakarya.

Dwitiyanti, N., Kumala, S. A., & Widiyatun, F. (2020). Using the ADDIE model in development of physics unit convertion application based on Android as learning media. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(2).

Faudiyah, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mainan Peta Anak (MAPENA) Materi IPS Untuk Siswa Kelas V SD. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).

Lesmono, I. D., & Mulyadi, M. (2019). Perancangan animasi interaktif pengenalan peta indonesia sebagai media pembelajaran untuk anak sekolah dasar. EVOLUSI: Jurnal Sains Dan Manajemen, 7(2).

Mara, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).

Mamurov, B. (2019). Scientific basis of the acmeological approach to the process of training and education. Scientific Journal of Polonia University, 33(2), 125-128.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Parni. (2020). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Cros-border, 3(2), 96-105.

Ridwan, M. F. A., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ciri–Ciri Makhluk Hidup Bagi Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i1.218

Rizky, N., Fuadiah, N. F., & Murjainah, M. (2022). Pengembangan Media Puzzle Peta Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Materi Kondisi Geografis Indonesia Kelas V SD. Indonesian Research Journal on Education, 2(3), 1128-1138.

Romadhotun, E. S. W. (2021). Aplikasi Pengenalan Peta Indonesia untuk Anak Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Doctoral dissertation, Prodi Teknik Informatika).

Suwarti, S., Laila, A., & Permana, E. P. (2020). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal untuk Menentukan Pesan dalam Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 7(2), 140-151.

Syahputri, I., & Dafit, F. (2021). Pengembangan E-Modul Membaca Siswa Kelas 3 SDN 029 Pekanbaru. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 671-686.

Downloads

Abstract Views : 348
Downloads Count: 289

Published

2023-10-01

How to Cite

Pulungan, K., & Dafit , F. (2023). Media Mainan Peta Anak Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1679–1684. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5741

Similar Articles

<< < 31 32 33 34 35 36 37 38 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.