MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR DI KELOMPOK B2 TK DARUSSALAM
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.503Abstract
Membaca dianggap sebagai salah satu keberhasilan seorang anak dalam belajar. Meningkatkan minat membaca dilakukan sejak usia dini untuk memberikan pengalaman nyata anak. Dalam meningkatkan minat membaca diperlukannya media yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca anak. Media yang dipilih yaitu media kartu bergambar. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan minat baca anak dengan penggunaan media kartu bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK di Desa Jatisawit Kecamatan Kasokandel Kabupaten Majalengka. dengan sampel adalah anak-anak pada kelompok B2 TK Darussalam Desa Jatisawit Majalengka yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca siswa setelah penerapan media kartu bergambar lebih baik dibanding sebelumnya. Dengan dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa media kartu bergambar efektif dalam meningkatkan minat baca siswa pada anak TK.
Keywords:
minat baca, kartu kata bergambarDownloads
References
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Damayanti, A., Kurniati, E., & Mariyana, R. (2015). Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw. Edukid, 13(2).
Darmono. (2001). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Hartanto, A. E., Sukarno, S., & Kuswadi, K. (2013). Upaya meningkatkan minat baca melalui bermain kartu kata bergambar pada anak kelompok b tk negeri pembina Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Kumara Cendekia, 1(1), 59-65.
Herawati, N. (2005). Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Mizania.
Ikawati, E. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini. Logaritma, 1(2), 1-12.
Kasiun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79-95.
Khoiruddin, A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Di Taman Baca Masyarakat. Journal An-nafs, 1(2), 291-319
Meha, N., & Hengelina, H. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Bimba Aiueo Unit Alinda Bekasi Utara. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 21-26.
Nurjan, S. (2018). Pengembangan Berpikir Kreatif. Al-Asasiyya: Journal Of Basic Education, 3(1), 105–116.
Olivia & Ariani, (2009). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: CV. Sinar Baru.
Prahesti, S. I. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ahbabul Ulum Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1), 36-43.
Rahim, F. (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Siregar, A.(2004). Perpustakaan Energi Pembangunan Bangsa. Medan; Universitas Sumatera Utara.
Siska, Fadillah, & Marmawi. (2016). Peningkatan Minat Membaca Melalui Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(4), 1-9.
Sumaryanti, L. (2020). Menumbuhkan minat baca anak MI/SD dengan media buku bergambar seri. Al-Asasiyya: Journal Of Basic Education, 4(2), 173-183.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work