MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR DI KELOMPOK B2 TK DARUSSALAM

  • Euis Imas Daeni TK Darussalam Majalengka
Keywords: minat baca, kartu kata bergambar

Abstract

Membaca dianggap sebagai salah satu keberhasilan seorang anak dalam belajar.  Meningkatkan minat membaca dilakukan sejak usia dini untuk memberikan pengalaman nyata anak. Dalam meningkatkan minat membaca diperlukannya media yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca anak. Media yang dipilih yaitu media kartu bergambar. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan minat baca anak dengan penggunaan media kartu bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK di Desa Jatisawit Kecamatan Kasokandel Kabupaten Majalengka. dengan sampel adalah anak-anak pada kelompok B2 TK Darussalam Desa Jatisawit Majalengka yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca siswa setelah penerapan media kartu bergambar lebih baik dibanding sebelumnya. Dengan dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa media kartu bergambar efektif dalam meningkatkan minat baca siswa pada anak TK.

References

Adhim, M.F. (2004). Membuat Anak Gila Membaca. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Damayanti, A., Kurniati, E., & Mariyana, R. (2015). Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw. Edukid, 13(2).
Darmono. (2001). Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Hartanto, A. E., Sukarno, S., & Kuswadi, K. (2013). Upaya meningkatkan minat baca melalui bermain kartu kata bergambar pada anak kelompok b tk negeri pembina Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Kumara Cendekia, 1(1), 59-65.
Herawati, N. (2005). Buku Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Mizania.
Ikawati, E. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini. Logaritma, 1(2), 1-12.
Kasiun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79-95.
Khoiruddin, A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Di Taman Baca Masyarakat. Journal An-nafs, 1(2), 291-319
Meha, N., & Hengelina, H. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Bimba Aiueo Unit Alinda Bekasi Utara. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 21-26.
Nurjan, S. (2018). Pengembangan Berpikir Kreatif. Al-Asasiyya: Journal Of Basic Education, 3(1), 105–116.
Olivia & Ariani, (2009). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: CV. Sinar Baru.
Prahesti, S. I. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ahbabul Ulum Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1), 36-43.
Rahim, F. (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Siregar, A.(2004). Perpustakaan Energi Pembangunan Bangsa. Medan; Universitas Sumatera Utara.
Siska, Fadillah, & Marmawi. (2016). Peningkatan Minat Membaca Melalui Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(4), 1-9.
Sumaryanti, L. (2020). Menumbuhkan minat baca anak MI/SD dengan media buku bergambar seri. Al-Asasiyya: Journal Of Basic Education, 4(2), 173-183.
Published
2020-12-01
How to Cite
Daeni, E. I. (2020). MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR DI KELOMPOK B2 TK DARUSSALAM. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 500-503. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.503
Section
Articles