Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Yetti Hidayatillah STKIP PGRI Sumenep
  • Agus Wahdian STKIP PGRI Sumenep
  • Muhammad Misbahudholam STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3784

Abstract

Pembelajaran IPS memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter siswa. Namun, Pembelajaran IPS dalam pembentukan karakter siswa tentunya bukanlah hal yang mudah, perlu perjuangan yang berkesinambungan agar menghasilkan hasil yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Pembelajaran IPS memiliki kesamaan dengan pendidikan karakter yang mana keduanya memiliki tujuan untuk menjadikan siswa sebagai warga negara yang baik, perduli terhadap masalah sosial dan lingkungan yang ada, serta juga sama-sama memiliki rasa kebangsaan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui sejauh mana peran sekolah dalam menumbuhkan karakteristik pada peserta didik di SDN Marengan Daya 1. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik dan guru SDN Marengan Daya 1. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif, Data primer hasil wawancara, data sekundernya yaitu buku, jurnal, data-data sekolah, sumber datanya yaitu dari kepala sekolah dan satu wali kelas. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan SDN Marengan Daya 1 menerapkan pembiasaan 3S dan membaca doa, pembiasaan hidup sehat, pembiasaan membaca asmaul husnah serta doa harian, penbiaaaan tanggung jawab, disiplin, jujur dan ekstra kurikuler tahfidz Al-Quran sehingga tidak hanya pandai dalam ilmu umum melainkan pandai pula dalam ilmu keagamaan sebagai bekal menuju manusia yang berguna bagi Nusa bangsa dan agama. Dengan pembiasaan tersebut maka sekolah sudah memberikan jembatan untuk menjadikan setiap siswa SDN Marengan Daya 1 menjadi siswa berkarakter dengan jiwa sosial, intelektual dan religius.

Keywords:

Karakter, Sosial, Intelektual, Religius

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, A. M. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185

AR, M. M., Rasyid, S. F., & Ridwan, M. (2021). Legacy Pendidikan Nilai Kepahlawanan KH. Abdullah Sajjad dari Madura Berbantuan Komik Pembelajaran untuk Siswa SD/MI di Sumenep. Madrasah Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 14(1), 79–88. https://doi.org/10.18860/mad.v14i1.10315

Ar, M. M., & Supriyadi, S. (2020). Pengaruh Intelegence Quotient Anak Terhadap Karakter Andhap Asor di SDN Kalianget Timur I Kecamatan Kalianget. Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 2020.

AR, R., & Deskoni. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Mata Kuliah Kewirausahaan. Jurnal Profit, 4(1), 64–75.

Armadi, A., Misbahudholam AR, M., & Aini, K. (2022). Training and Coaching Strengthening Character Education Based On School Culture InThe Upper Class Of Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Tamidung Batang-Batang. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 144–151. https://doi.org/10.35877/454ri.mattawang818

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Knappptma, 7(Maret), 307–314.

Hardiansyah, F. (2020). Implementasi nilai religius melalui budaya sekolah: Studi fenomenologi. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 15–24.

Hardiansyah, F. (2022). Snowball Throwing: A Method To Uplift Elementary School Students’ Responsibility on Environment. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3853–3864. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1966

Hardiansyah, F., & AR, M. M. (2022). Enhancing Students’ Learning Motivation through Changing Seats in Primary School. Mimbar Sekolah Dasar; Vol 9, No 1 (2022). https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v9i1.43002

Hardiansyah, F., Budiyono, F., & Wahdian, A. (2021). Penerapan Nilai-nilai Ketuhanan Melalui Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6318–6329.

Hardiansyah, F., & Mas’odi, M. (2022). The Implementation Of Democratic Character Education Through Learning Of Social Science Materials Of Ethical And Cultural Diversity In Elementary School. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 234–241. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.101

Hardiansyah, F., & Zainuddin, Z. (2022). The Influence of Principal’s Motivation, Communication, and Parental Participation on Elementary School Teachers’ Performance. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 319–334.

Hartati, R. (2018). Metode Pengajaran IPS Yang Efektif Di SD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 43–53.

Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51.

Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, 5(2), 13–23.

Pradana, D., Nur, M., & Suprapto, N. (2020). Improving critical thinking skill of junior high school students through science process skills based learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(2), 166–172.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Samadhinata, I. M. D. (2022). Efektifitas Sistem Pendidikan Dalam Mempengaruhi Terwujudnya Generasi Emas 2045. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.37329/metta.v2i1.1640

Suprapto, E., & Apriandi, D. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (Lkm) Berorientasi Character Building Pada Matakuliah Analisis Vektor. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun, 125–132.

Wahdian, A., & Hardiansyah, F. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Wacana Didaktika, 9(01 SE-Articles). https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.9.01.1-17

Downloads

Abstract Views : 1141
Downloads Count: 1132

Published

2022-12-24

How to Cite

Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Muhammad Misbahudholam. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1422–1433. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3784

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.