Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Narasi Melalui 5W+1H pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V

Authors

  • Setyaningsih SDN Burengan 1 Pesantren Kota Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui metode Journalist’s Questions (5W 1H) pada siswa kelas V SDN Burengan 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yakni seluruh siswa kelas V SDN Burengan 1 Kota Kediri yang berjumlah 18 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui metode 5W 1H pada siswa kelas V SDN Burengan 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menulis karangan narasi. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian. Prosentase ketuntasan pada siklus pertama pertemuan pertama sebesar 61,11%. Prosentase ketuntasan pada siklus pertama pertemuan kedua sebesar 77,78%. Hasil rata-rata prosentase siklus pertama adalah sebesar 55,55%. Prosentase ketuntasan pada siklus kedua sebesar 94,44%. Sedangkan prosentase ketuntasan pada prasiklus sebesar 22,22%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode 5W 1H dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN Burengan 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

Kemampuan, Menulis, Teks Narasi, 5W 1H

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 947
Downloads Count: 842

Published

2021-08-08

How to Cite

Setyaningsih, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Narasi Melalui 5W+1H pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1068–1074. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1336

Similar Articles

<< < 22 23 24 25 26 27 28 29 30 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.