Penerapan Model Everyone Is a Teacher Here Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PKn
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1024Abstract
Latarbelakang permasalahan dalam penelitian ini dikarenakan rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn, hal tersebut terlihat bahwa guru selalu menggunakan metode ceramah dan sedikit tanya jawab, sedangkan keberadaaan siswa sebagai seorang yang kreatif kurang diperhatikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatkan motivasi belajar siswa mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dengan menggunakan model everyone is a teachere here. Adapun jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siswa kelas V SDN 138/III Tanjung Syam Kerinci yang berjumlah 13 orang adalah subjek dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam mengajukan pertanyaan diperoleh persentase pada siklus I dari 34,58% meningkat pada siklus II menjadi 76,92%, motivasi belajar siswa dalam menjawab pertanyaan diperoleh persentase pada siklus I dari 53,84% meningkat pada siklus II menjadi 80,76%, kemudian rata-rata nilai hasil belajar siklus I dari 65,38 meningkat pada siklus II menjadi 78,07. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model everyone is a teachere here di kelas V SD pada pembelajaran PKn.
Keywords:
Learning Motivation, PKn, Everyone Is A Teachere HereDownloads
References
Andriani, A. (2020). Kajian The Body Of Knowledge Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Konteks Pembelajaran Di Sekolah Dasar Sebagai Pendidikan Karakter. Dwija Inspira: Jurnal Pendidikan Multi Perspektif, 3(1), 13-26.
Astuti, A. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Kewarganegaraan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sma Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone. Jurnal Tomalebbi, 1(3), 19-26.
Farikhah, S. (2009). Keselarasan Pendidikan dengan Tingkat Perkembangan Anak. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(1).
Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdi. (2011). Teori Kepribadian. Bandung: Upi SPs Press
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.
Musdalifah, M. (2019). Peserta Didik Dalam Pandangan Nativisme, Empirisme, Dan Konvergensi. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 243-251.
Rostini, T. (2018). Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Globalisasi dan Sikap Cinta Tanah Air melalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI di SDN Nagrak 02 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 171-184.
Samio, S. (2018). Aspek–Aspek Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 36-43.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana
Shoimatul, U. (2013). Revolusi Belajar. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Simarmata, A. A. (2013). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Udayana Vol. 1, No. 1.
Silberman, M. (2016). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa
Suharsimi Arikunto, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jarakarta: Bumi ksara.
Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.
Supriadi, A., & Matnuh, M. H. (2014). Internalisasi Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PKN Pada Siswa MAN 2 Model Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(8), 120462.
Taufik, T. & Muhammadi. (2009). Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.
Yusrizal. (2010). Bahan Ajar PKn Kelas Tinggi. Padang: Kerja Sama Dikti Depdiknas dan Prodi PGSD FKIP Universitas Bung Hatta
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work