PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Azra Akila Nihaya Universitas PGRI Palembang
  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang
  • Marvinda Rizki Dita Dirgantara Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3265

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran yang cenderung monoton tanpa memperhatikan partisipasi aktif siswa menjadi salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis sekolah dasar melalui pembelajaran etnomatematika di SD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan design yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 79 Palembang sebanyak 197 orang. Populasi dilanjutkan dengan dipilih sampel yang berjumlah 59 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dan variabel terikat kemampuan pemecahan masalah matematis.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji N-gain dan Uji T (Independent Sample T-test) sebelum melakukan kedua uji tersebut dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa selama dilakukan penelitian. Hal tersebut sejalan dengan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah yang mengalami penigkatan setelah diterapkan pembelajaran etnomatematika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran matematika berbasis etnomatematika sekolah dasar.

Keywords:

etnomatematika, pemecahan masalah matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aka, K. A. (2016). Model Quantum Teaching Dengan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Jurnal Pedagogia, 5, 35-36.

Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya Pada Materi Perkalian

Badrullah, W. d. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 6, No 2, 4.

Febriani, F., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04, 120-135.

Imswatama, A., & Lukman, H. S. (2018). Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 01, 92-100.

Mulyati, Tita. (2011). Kemampuan Pemecahan Masalah Mateatis Siswa Sekolah Dasar. Eduhumaniora Jurnal Pendidika Dasar, 5, 1-15

Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Pengaruh Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Siswa SD Di Aceh Barat. Jurnal Maju, 7, 126-140.

Nurliastuti, E., Dewi, N. R., & Priyatno, S. (2018). Penerapan Model PBL Bernuansa Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa. Prisma, 99-104.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3, 333-352.

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). Jurnal Edukasi Matematika IKIP Veteran Semarang, 3, 208-215.

Riwayati, S., Risnanosanti, Ariani, N. M., & Ristontowi. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Dengan Metode Discovery Learning Melalui Kegiatan PDS. Jurnal Abdi Reksa, 2, 41-45.

Saraswati, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Means Ends Analysis (MEA) Bagi Siswa Kelas 5 SD Negeri Sumogawe 02. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4, 1-12.

Simatupang, R., Napitupulu, E., & Asmin. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self efficacy Siswa Pada Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 13, 29-39.

Sumiyati, W., Netriwati, & Rakhmawati, R. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Matematika, 1, 15-21.

Yarmayani, A. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12-19.

Yulaekha, N. R., Sudana, I. M., & Arief, U. M. (2017). Efektivitas Permainan Bingo Dalam Program Aplikasi Kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo. Edu Komputika, 1-9.

Downloads

Abstract Views : 729
Downloads Count: 628

Published

2022-10-27

How to Cite

Azra Akila Nihaya, Nila Kesumawati, & Marvinda Rizki Dita Dirgantara. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1427–1438. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3265

Issue

Section

Articles