PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3265Abstract
Pelaksanaan pembelajaran yang cenderung monoton tanpa memperhatikan partisipasi aktif siswa menjadi salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis sekolah dasar melalui pembelajaran etnomatematika di SD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan design yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 79 Palembang sebanyak 197 orang. Populasi dilanjutkan dengan dipilih sampel yang berjumlah 59 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dan variabel terikat kemampuan pemecahan masalah matematis.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji N-gain dan Uji T (Independent Sample T-test) sebelum melakukan kedua uji tersebut dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa selama dilakukan penelitian. Hal tersebut sejalan dengan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah yang mengalami penigkatan setelah diterapkan pembelajaran etnomatematika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran matematika berbasis etnomatematika sekolah dasar.
Keywords:
etnomatematika, pemecahan masalah matematisDownloads
References
Aka, K. A. (2016). Model Quantum Teaching Dengan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Jurnal Pedagogia, 5, 35-36.
Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya Pada Materi Perkalian
Badrullah, W. d. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 6, No 2, 4.
Febriani, F., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04, 120-135.
Imswatama, A., & Lukman, H. S. (2018). Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 01, 92-100.
Mulyati, Tita. (2011). Kemampuan Pemecahan Masalah Mateatis Siswa Sekolah Dasar. Eduhumaniora Jurnal Pendidika Dasar, 5, 1-15
Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Pengaruh Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Siswa SD Di Aceh Barat. Jurnal Maju, 7, 126-140.
Nurliastuti, E., Dewi, N. R., & Priyatno, S. (2018). Penerapan Model PBL Bernuansa Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa. Prisma, 99-104.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3, 333-352.
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). Jurnal Edukasi Matematika IKIP Veteran Semarang, 3, 208-215.
Riwayati, S., Risnanosanti, Ariani, N. M., & Ristontowi. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Dengan Metode Discovery Learning Melalui Kegiatan PDS. Jurnal Abdi Reksa, 2, 41-45.
Saraswati, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Means Ends Analysis (MEA) Bagi Siswa Kelas 5 SD Negeri Sumogawe 02. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4, 1-12.
Simatupang, R., Napitupulu, E., & Asmin. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self efficacy Siswa Pada Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 13, 29-39.
Sumiyati, W., Netriwati, & Rakhmawati, R. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Matematika, 1, 15-21.
Yarmayani, A. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12-19.
Yulaekha, N. R., Sudana, I. M., & Arief, U. M. (2017). Efektivitas Permainan Bingo Dalam Program Aplikasi Kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo. Edu Komputika, 1-9.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Azra Akila Nihaya, Nila Kesumawati, Marvinda Rizki Dita Dirgantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).