Pengembangan Model Latihan Passing Controlling Futsal untuk Anak Usia SMP
DOI:
https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.3379Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu rancangan model latihan teknik dasar passing-controliing dalam futsal dan memperoleh data empiris tentang efektivitas dan efisiensi hasil pengembangan model latihan passing-controlling futsal pada anak usia SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Research and Development. Subjek penelitian ini adalah siswa putra peserta ekstrakurikuler futsal SMP di Kab lebak. Hasil akhir penelitian dan pengembangan ini berupa buku panduan model latihan passing controlling untuk anak usia SMP sejumlah 28 model yang telah melalui evaluasi ahli, uji coba dan revisi, serta telah diuji keefektifitasannya. Efektivitas penerapan model latihan passing controlling futsal pada peserta ekstrakurikuler futsal ini digunakan teknik "uji-t". Sebelum data dianalisis, dilakukan uji normalitas terhadap data hasil pretest dan posttest keterampilan passing controlling futsal dengan menggunakan uji Lilliefors pada taraf nyata α = 0,05. Hasil keterampilan dasar passing-controlling futsal antara pretest dengan posttest diperoleh nilai tO = 4,536 lebih besar dari nilai tt = 1,711 maka hipotesis nihil ditolak serta nilai rata-rata pretest (x1) = 11.66 lebih kecil daripada rata-rata posttest (x2) = 13.53. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa, model latihan passing controlling futsal untuk anak usia SMP efektif digunakan untuk meningkatkan hasil keterampilan passing-controlling futsal.
Keywords:
model latihan, passing controlling, futsalDownloads
References
Budiwanto, Setyo. (2012). Metodologi Latihan Olahraga. Malang: UM Press
Herman & Rainer Engler, Vic. (2010). Futsal Technique Tactics Training. UK; Meyer & Meyer Sport.
Luxbacher, Joseph A. (2004).Sepak Bola: Langkah-Langkah Menuju Sukses, terjemahan Agusta W. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2004.
Lhaksana, Justinus. (2011). Teknik dan Strategi Futsal Modern. Jakarta: Be Champion
Scheunemann, Timo. (2009) Futsal For Winners. Malang: Dioma
Sugiyono. (2008). Motode Penelitian Pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sudari, Sri Rumini & Siti. (2004). Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.
Tudor, Bompa. (2009). Theory and Methodology Of Training. Iowa: Kendal Publishing Company,
Winarno, M. E. (2011). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Media Cakrawala Utama Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mukhtar Ridwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.