STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i1.11533Abstract
Konteks era digital yang terus berkembang, muncul berbagai kesulitan dan kemungkinan baru dalam bidang pendidikan agama dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik manajemen pendidikan Islam dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tentang nilai-nilai moral dan agama di era digital. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, pendekatan baru sangat penting untuk memastikan bahwa pembelajaran tetap relevan dan efektif. Penelitian ini mengkaji prinsip-prinsip manajemen yang berpusat pada pemanfaatan teknologi untuk menyampaikan nilai-nilai agama dan moral, menyelidiki kemampuan platform daring, aplikasi seluler, dan sumber daya digital lainnya. Penelitian ini bersifat kualitatif, menggunakan teknik analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metodologi analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan validasi data. Penelitian ini menunjukkan bahwa kecakapan pendidik dan keterlibatan aktif orang tua dan masyarakat sangat penting untuk mencapai pendidikan agama dan moral Islam yang berkualitas tinggi di era digital. Perumusan kebijakan pendidikan yang adaptif dan dukungan berkelanjutan dari banyak pemangku kepentingan sangat penting bagi keberlanjutan transformasi yang bermanfaat dalam pendidikan agama Islam selama era digital.
Keywords:
Managemen Pendidikan, Kualitas Pembelajaran, Nilai Agama , Nilai MoralDownloads
References
Abdul Majid, dan Dian Andayani. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Astuti, N.H., Rusilowati, A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Siswa SMP. UPEJ
Caswanda, C., Kamaludin, K., & Araniri, N. (2023). ANALISIS PROBLEMATIKA DI SEKOLAH:(Studi Kasus Penerimaan Siswa Baru di SDN Panongan II Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka). JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 4(2), 53–60. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/8430
Dewi Salma Prawiradilaga. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning. Jakarta: Kencana.
Dhitta Putri Saraswati, Mendidik Pemenang Bukan Pencundang, hal. 14Dhitta Putri Saraswati. (2016). Mendidik Pemenang Bukan Pencundang. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.
Gibran, R. R., Kamaludin, K., & Araniri, N. (2022). Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Sdn Randegan Wetan I Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Ppt. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 4(1), 11–16. https://doi.org/10.31949/madinasika.v4i1.8432
Maghfira Salsabilla, -, N. I. P. C., & Nanda Aditya Putri. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Pada Siswa Sekolah Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(1), 82–96. https://doi.org/10.53515/qodiri.2022.20.1.82-96
Maskur Dwiputro, R., Indra, H., & Rosyadi, A. R. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rayah Al-Islam, 5(02). https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.451
Mohammad Khozin. (2018). Santri Milenial. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Nurlaela, L., Kamaludin, K., & Saroni, M. (2023). Penerapan Metode Karyawisata Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak di RA Nurul Huda. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 5(1), 22–28. https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i1.7026
Putri, S. U., & Taqiudin, A. A. (2022). Steam-PBL: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 6(2), 856–867
Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67-85. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Umar, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jucama Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Ix Mtsn 02 Takengon. Math Educa, 4(1), 1–13.
Winastwan Gora dan Sunarto. (2018). PAKEMATIK: Setrategi Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Yusuf Hadi Miarso. (2016). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lala Nurlaela, kasdar, Enok

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.