STRATEGI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI ERA DIGITAL

Authors

  • Lala Nurlaela Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Majalengka
  • Enok Ii Musliha Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Majalengka
  • Kasdar Al Ade Saputra Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i1.11533

Abstract

Konteks era digital yang terus berkembang, muncul berbagai kesulitan dan kemungkinan baru dalam bidang pendidikan agama dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik manajemen pendidikan Islam dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tentang nilai-nilai moral dan agama di era digital. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, pendekatan baru sangat penting untuk memastikan bahwa pembelajaran tetap relevan dan efektif. Penelitian ini mengkaji prinsip-prinsip manajemen yang berpusat pada pemanfaatan teknologi untuk menyampaikan nilai-nilai agama dan moral, menyelidiki kemampuan platform daring, aplikasi seluler, dan sumber daya digital lainnya. Penelitian ini bersifat kualitatif, menggunakan teknik analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Metodologi analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan validasi data. Penelitian ini menunjukkan bahwa kecakapan pendidik dan keterlibatan aktif orang tua dan masyarakat sangat penting untuk mencapai pendidikan agama dan moral Islam yang berkualitas tinggi di era digital. Perumusan kebijakan pendidikan yang adaptif dan dukungan berkelanjutan dari banyak pemangku kepentingan sangat penting bagi keberlanjutan transformasi yang bermanfaat dalam pendidikan agama Islam selama era digital.

Keywords:

Managemen Pendidikan, Kualitas Pembelajaran, Nilai Agama , Nilai Moral

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid, dan Dian Andayani. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Astuti, N.H., Rusilowati, A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Siswa SMP. UPEJ

Caswanda, C., Kamaludin, K., & Araniri, N. (2023). ANALISIS PROBLEMATIKA DI SEKOLAH:(Studi Kasus Penerimaan Siswa Baru di SDN Panongan II Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka). JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 4(2), 53–60. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/8430

Dewi Salma Prawiradilaga. (2013). Mozaik Teknologi Pendidikan E-Learning. Jakarta: Kencana.

Dhitta Putri Saraswati, Mendidik Pemenang Bukan Pencundang, hal. 14Dhitta Putri Saraswati. (2016). Mendidik Pemenang Bukan Pencundang. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.

Gibran, R. R., Kamaludin, K., & Araniri, N. (2022). Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Sdn Randegan Wetan I Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Ppt. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 4(1), 11–16. https://doi.org/10.31949/madinasika.v4i1.8432

Maghfira Salsabilla, -, N. I. P. C., & Nanda Aditya Putri. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Pada Siswa Sekolah Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(1), 82–96. https://doi.org/10.53515/qodiri.2022.20.1.82-96

Maskur Dwiputro, R., Indra, H., & Rosyadi, A. R. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rayah Al-Islam, 5(02). https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.451

Mohammad Khozin. (2018). Santri Milenial. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Nurlaela, L., Kamaludin, K., & Saroni, M. (2023). Penerapan Metode Karyawisata Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak di RA Nurul Huda. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 5(1), 22–28. https://doi.org/10.31949/madinasika.v5i1.7026

Putri, S. U., & Taqiudin, A. A. (2022). Steam-PBL: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 6(2), 856–867

Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67-85. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Umar, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jucama Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Ix Mtsn 02 Takengon. Math Educa, 4(1), 1–13.

Winastwan Gora dan Sunarto. (2018). PAKEMATIK: Setrategi Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Yusuf Hadi Miarso. (2016). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Abstract Views : 205
Downloads Count: 157

Published

2024-12-29