ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS DITINJAU DARI ASPEK PEMASARAN DAN ASPEK KEUANGAN PADA UMKM FRUTTY TUTTY PURWOKERTO

Authors

  • Iin Dyah Indrawati Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Harapan Bangsa, Purwokerto, Indonesia
  • Faizal Rizky Yuttama Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Harapan Bangsa, Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.13057

Abstract

The aim of this research is to study the feasibility of the Frutty Tutty Purwokerto business from a market and marketing perspektive as well as financial aspects. Frutty Tutty is a small business that combines food and drink ideas in a culinary setting. Qualitative research is used to collect primary data through interviews with business owners. The research results show that Frutty Tutty has used effective offline and online marketing strategies. Varied products, affordable prices and strategic locations are the keys to attracting customers. From the financial aspect of the Frutty Tutty business, it is a profitable business. This research provides insight into the feasibility of MSMEs such as Frutty Tutty regarding effective marketing strategies by paying attention to exploration and increasing market share.

Keywords:

Business Feasibility, MSMEs, Marketing, Finance

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awwaluddin, M. A., Indriani, S., & Septiari, R. (2023). Studi kelayakan bisnis pengembangan pengolahan susu sapi murni (studi kasus: KUD Sumber Makmur Ngantang, Kabupaten Malang). Jurnal Mahasiswa Teknik Industri), 6(1), 110–119.

Azmi Azizi Muhammad. (2019). Strategi Pengembangan Bisnis Toko Buku Sinar Fajri Berbasis Inovasi kanvas. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 1–23.

Dirgantara, G. A. G., Sitepu, M., & Panjaitan, F. (2018). Analisis Studi Kelayakan Pengembangan Usaha “UMKM” Jeruk Kunci Melati Di Kota Pangkal Pinang Di Tinjaun Dari Aspek Finansial. Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis (JIPMB), 24(November), 12–18. https://e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/219/221

Irham, F. (2010). Studi Kelayakan Bisnis Teori dan Aplikasi. In Studi Kelayakan Bisnis Teori dan Aplikasi.

Jakfar, K. dan. (2020). Studi Kelayakan Bisnis-Tujuan Studi Kelayakan Bisnis. In CV. Manhaji (Issue March). https://perpustakaan.stietotalwin.ac.id/pdf/50.pdf

Kadek Arianton, Made Ary Meitriana, & Iyus Ahmad Haris. (2017). Studi Kelayakan Usaha Budidaya Rumput Laut Pada Kelompok Bina Karya Di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 573–582.

Khotimah, L. R., & Abadi, M. T. (2023). Analisis Kelayakan Bisnis pada Toserba Saudi Pemalang Cabang Ulujami Ditinjau Dari Aspek Pasar dan Pemasaran. BISMA : Business and Management Journal, 1(01), 59–64. https://doi.org/10.59966/bisma.v1i01.165

Mandiri, K., Dari, D., & Produksi, A. (2019). Pengembangan Umkm Usaha Tahu Dan Tempe Knowledge And Independent Works Of Msmes. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 76–83.

Purnomo Waluyo, B., Mareta, Z., Yanto Rukmana, A., Harto, B., Widayati, T., Masithoh Haryadi, R., Safa, N., Hidayat Soputra, J., Daeng Siang, R., Atas Aji, A., Kristanti, D., & Agdhi Rahwana, K. (2023). Studi Kelayakan Studi Kelayakan Bisnis. www.globaleksekutifteknologi.co.id

Rita Sri Silvia Pamuji. (2024). Penerapan Analisis StudiKelayakanBisnisDilihat Dari Aspek Pemasaran Pada Praktik Pemasaran E-Commerce “Stick Singkong Krispy.” Entrepreneur : Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 74–86.

Siahaan, S. D. N., & Hasibuan, N. I. (2021). Analisis Kelayakan Bisnis Restoran Chicken Crush Tuasan Medan. Niagawan, 10(2), 143. https://doi.org/10.24114/niaga.v10i2.24843

Sri Rahayu dan I Putu Gede Diatmika. (2024). Analisis Kapabilitas Pemasaran Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Daya Saing UMKMSeketeng. Entrepreneur : Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(3), 380–387.

Wulandari, M. M., & Siswanta, A. R. L. (2023). Upaya Pengembangan Kewirausahaan Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pasca Covid-19. Soedirman Law Review, 5(1). https://doi.org/10.20884/1.slr.2023.5.1.6736

Yanuar, D. (2018). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pasar, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan pada UMKM Makanan Khas Bangka di Kota Pangkalpinang. Ekombis: Jurnal Fakultas Ekonomi, 2(1). https://doi.org/10.35308/ekombis.v2i1.747

Downloads

Abstract Views : 86
Downloads Count: 126

Published

2025-01-30

How to Cite

Indrawati, I. D., & Faizal Rizky Yuttama. (2025). ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS DITINJAU DARI ASPEK PEMASARAN DAN ASPEK KEUANGAN PADA UMKM FRUTTY TUTTY PURWOKERTO. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 124–133. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.13057

Issue

Section

Articles