ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS DITINJAU DARI ASPEK PEMASARAN DAN ASPEK KEUANGAN PADA UMKM FRUTTY TUTTY PURWOKERTO

Penulis

  • Iin Dyah Indrawati Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Harapan Bangsa, Purwokerto, Indonesia
  • Faizal Rizky Yuttama Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Harapan Bangsa, Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.13057

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari kelayakan bisnis usaha Frutty Tutty Purwokerto dari sudut pandang pasar dan pemasaran serta aspek keuangan. Frutty Tutty adalah bisnis kecil yang menggabungkan ide makanan dan minuman dalam lingkup kuliner. Penelitian kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data primer melalui wawancara dengan pemilik bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Frutty Tutty telah menggunakan strategi pemasaran offline dan online yang efektif. Produk yang bervariasi, harga yang terjangkau, dan lokasi yang strategis adalah kunci untuk menarik pelanggan, pada aspek keuangan bisnis Frutty Tutty merupakan bisnis yang menguntungkan. Penelitian ini memberikan pandangan bagaiamana kelayakan UMKM seperti Frutty Tutty tentang strategi pemasaran yang efektif dengan memperhatikan eksplorasi dan meningkatkan pangsa pasar.

Kata Kunci:

Kelayakan Bisnis, UMKM, Pemasaran, Keuangan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Awwaluddin, M. A., Indriani, S., & Septiari, R. (2023). Studi kelayakan bisnis pengembangan pengolahan susu sapi murni (studi kasus: KUD Sumber Makmur Ngantang, Kabupaten Malang). Jurnal Mahasiswa Teknik Industri), 6(1), 110–119.

Azmi Azizi Muhammad. (2019). Strategi Pengembangan Bisnis Toko Buku Sinar Fajri Berbasis Inovasi kanvas. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 1–23.

Dirgantara, G. A. G., Sitepu, M., & Panjaitan, F. (2018). Analisis Studi Kelayakan Pengembangan Usaha “UMKM” Jeruk Kunci Melati Di Kota Pangkal Pinang Di Tinjaun Dari Aspek Finansial. Jurnal Ilmiah Progresif Manajemen Bisnis (JIPMB), 24(November), 12–18. https://e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/219/221

Irham, F. (2010). Studi Kelayakan Bisnis Teori dan Aplikasi. In Studi Kelayakan Bisnis Teori dan Aplikasi.

Jakfar, K. dan. (2020). Studi Kelayakan Bisnis-Tujuan Studi Kelayakan Bisnis. In CV. Manhaji (Issue March). https://perpustakaan.stietotalwin.ac.id/pdf/50.pdf

Kadek Arianton, Made Ary Meitriana, & Iyus Ahmad Haris. (2017). Studi Kelayakan Usaha Budidaya Rumput Laut Pada Kelompok Bina Karya Di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 573–582.

Khotimah, L. R., & Abadi, M. T. (2023). Analisis Kelayakan Bisnis pada Toserba Saudi Pemalang Cabang Ulujami Ditinjau Dari Aspek Pasar dan Pemasaran. BISMA : Business and Management Journal, 1(01), 59–64. https://doi.org/10.59966/bisma.v1i01.165

Mandiri, K., Dari, D., & Produksi, A. (2019). Pengembangan Umkm Usaha Tahu Dan Tempe Knowledge And Independent Works Of Msmes. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 76–83.

Purnomo Waluyo, B., Mareta, Z., Yanto Rukmana, A., Harto, B., Widayati, T., Masithoh Haryadi, R., Safa, N., Hidayat Soputra, J., Daeng Siang, R., Atas Aji, A., Kristanti, D., & Agdhi Rahwana, K. (2023). Studi Kelayakan Studi Kelayakan Bisnis. www.globaleksekutifteknologi.co.id

Rita Sri Silvia Pamuji. (2024). Penerapan Analisis StudiKelayakanBisnisDilihat Dari Aspek Pemasaran Pada Praktik Pemasaran E-Commerce “Stick Singkong Krispy.” Entrepreneur : Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 74–86.

Siahaan, S. D. N., & Hasibuan, N. I. (2021). Analisis Kelayakan Bisnis Restoran Chicken Crush Tuasan Medan. Niagawan, 10(2), 143. https://doi.org/10.24114/niaga.v10i2.24843

Sri Rahayu dan I Putu Gede Diatmika. (2024). Analisis Kapabilitas Pemasaran Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Daya Saing UMKMSeketeng. Entrepreneur : Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(3), 380–387.

Wulandari, M. M., & Siswanta, A. R. L. (2023). Upaya Pengembangan Kewirausahaan Koperasi Dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pasca Covid-19. Soedirman Law Review, 5(1). https://doi.org/10.20884/1.slr.2023.5.1.6736

Yanuar, D. (2018). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pasar, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan pada UMKM Makanan Khas Bangka di Kota Pangkalpinang. Ekombis: Jurnal Fakultas Ekonomi, 2(1). https://doi.org/10.35308/ekombis.v2i1.747

Unduhan

Abstract Views : 86
Downloads Count: 126

Diterbitkan

2025-01-30

Cara Mengutip

Indrawati, I. D., & Faizal Rizky Yuttama. (2025). ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS DITINJAU DARI ASPEK PEMASARAN DAN ASPEK KEUANGAN PADA UMKM FRUTTY TUTTY PURWOKERTO. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(1), 124–133. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.13057

Terbitan

Bagian

Articles