Flash Card Sebagai Asesmen Formatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa Kelas 1 SD

Authors

  • Winda Apriliani Universitas Kristen Satya Wacana
  • Krisma Widi Wardani Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5868

Abstract

Bahan ajar dan Penilaian dalam proses pembelajaran dinilai kurang efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis peserta didik kelas 1 SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas 1 sekolah dasar dengan menggunakan flash card sebagai asesmen formatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D), dengan prosedur penelitian model 4D yaitu define, design, development, and dissminate. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Ampel dengan subyek penelitian adalah siswa kelas 1. Teknik analisis yang digunakan penelitian adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif, pada analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui kualitas media dan bahan ajar.Hasil dari pengembangan flash card sebagai  asesmen formatif memperoleh hasil presentase ahli materi dengan rata-rata 86,6% dengan kriteria validitas sangat valid, ahli media yaitu 80% dengan kriteria valid, rata-rata respon siswa 84% dengan kriteria praktis, respon guru 87,5% dengan kriteria praktis, dan nilai uji N-Gain yaitu 70. Dengan demikian flashcard sebagai asemen formatif yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, K. S. (2023). Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 11(2), 343-359.

Anggraini, S. (2016). Budaya literasi dalam komunikasi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3), 264-279.

Apriliana, A. C. (2016). Picture Word Inductive Model (PWIM) Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Sekolah Dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 1-12.

Arifin, Z. (2012: 128-129). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arsyaf, F., Usman, H., Aunurrahim, M., & Yulianingsih, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran e-Flashcard Berbasis Website untuk Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(3), 349-357.

Baruta, Y. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Penerbit P4I.

Dewi, S. G. M., & Gunawan, H. (2019). Pengaruh metode pembelajaran kelompok kecil menggunakan media flash card terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 3(2), 202-214.

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8).

Fitriyani, E., & Nulanda, P. Z. (2017). Efektivitas media flash cards dalam meningkatkan kosakata bahasa inggris. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 167-182.

Lailiyah, N., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash untuk pembelajaran keterampilan menuliskan kembali cerita siswa kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(7), 1150-1159.

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60-78.

Maryanto, R. I. P., & Wulanata, I. A. (2018). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Abc Manado. Pedagogia, 16(3), 305.

Prabowo, A., Indrawadi, J., & Amrii, U. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Menggunakan Media Gambar Flash Card dengan Pendekatan Saintifik Kelas II. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3219-3228.

Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan media pembelajaran flash card untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25-31.

Pratama, A. P., & Hardini, A. T. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 4570-4579.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75-94.

Puspitasari, F., Andriansyah, A., Guspita, A. R., Hakim, A. A. A., & Zahra, N. (2022). Implementasi Flashcard Sebagai Media untuk Menambah Kosakata Bahasa Inggris pada Siswa SD Negeri 016 Kelurahan Sungai Perak. TRIMAS: Jurnal Inovasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 111-116.

Sari, R. P., Suryani, N. A., & Imran, R. F. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Bermain Flash Card Subaca. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 36-55.

Sinaga, A. B., SS, M., Sebayang, F. A. A., & Nainggolan, M. F. (2022). Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Dengan Media Flashcard Di Tk Anugerah Ester Simalingkar B Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 233-242.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian. Bandung: Alafabheta.

Sukirman, S. (2020). Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.

Syarifin, A. ( Juni 2017). Percepatan Perkembangan Kognitif Anak: Analisis Terhadap Kemungkinan dan Persoalannya. jornal at bahtsu, Vol 2. No 1.

Tjoe, J. L. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan multimedia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 17-48.

Downloads

Abstract Views : 734
Downloads Count: 959

Published

2023-08-27

How to Cite

Apriliani, W., & Wardani, K. W. (2023). Flash Card Sebagai Asesmen Formatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1437–1444. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5868