Analisa Kesulitan Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa SMP Negeri 1 Rambang
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1570Abstract
Rendahnya prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA karena adanya faktor-faktor kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VII, terutama pada faktor psikologis. Kesulitan belajar yang dialami siswa berakibat pada prestasi yang kurang pada mata pelajaran IPA. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui fakor kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang mengalami kesulitan belajar yakni siswa yang memiliki nilai standar yang tidak memenuhi berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian danpembahasan yang telah dipaparkan tentang kesulitan belajar siswa pada matapelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 1 Rambang. Hasil presentase angket faktor kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rambang mata pelajaran IPA minat 16,67% (rendah), motivasi 36,67% (Rendah), konsentrasi 43,33% (cukup), kebiasaan belajar 40% (Rendah), Intelegensi 30% (rendah). Hasil wawancara yang dilakukan siswa penyebab kesulitan belajar yakni minat, motivasi, konsentrasi, kebiasaan belajar, dan intelegensi.
Kata Kunci: IPA, Belajar, Siswa.
Downloads
References
Anis ,S., “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa”, Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, Vol.3, No.2, h.151-158, September 2015.
Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Alfabeta, Bandung 2013.
Cochran, K.F.,DeRuiter, J.A., dan King, R.A. 1993. Pedagogical Content Knowing: An Integrative Model for Teacher Preparation. Journal of Teacher Education, 44 (4): 263-272.
Meilan, L., Studi Tentang Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Peserta didik Kelas XI IPS Kabupaten Bone Bolango, Skripsi: Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo,Goronalo, 2009.
Slameto, Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta, 2010.
Remaita Manalu, I Gede Meter, dan I Gusti Agung Oka Negara. 2015. Analisais Kesulitan Belajar IPA siswa kelas IV. Singaraja : Universitas Pendidikan Indonesia
Subiantoro, A.W (9 Juni 2019). Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Diakses dari laman http://staffnew.uny.ac.id/upload/132309690/pengabdian/PPM_PENTINGNYA+PRAKTIKUM.pd
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work