BANDWAGON EFFECT SEBAGAI AKIBAT KONTEN DAN KOMENTAR YANG BERKAITAN DENGAN BUNUH DIRI DI MEDIA SOSIAL TIKTOK

Authors

  • Indah Nur Lailia Universitas Padjadjaran
  • Zefanya Grace Universitas Padjadjaran
  • Anggita Kaliya Nandini Universitas Padjadjaran
  • Intan Sekar Putri Pribadi Universitas Padjadjaran
  • Yesi Humairah Rahmani Universitas Padjadjaran
  • Muhamad Adji Universitas Padjadjaran

Abstract

Media sosial merupakan salah satu bentuk perkembangan zaman yang memiliki banyak fungsi. Salah satu media sosial yang paling diminati anak muda adalah TikTok. Namun, mereka yang mengonsumsi konten TikTok secara tidak bijak dapat mengalami bandwagon effect atau efek ikut-ikutan yang mengarah pada hal negatif. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan pola bahasa dalam konten dan komentar di TikTok terkait tendensi bunuh diri yang menyebabkan bandwagon effect. Tujuan lain dari penelitian ini untuk mengemukakan peran konten dan komentar terkait tendensi bunuh diri di TikTok dalam menyebabkan bandwagon effect. Tendensi bunuh diri dalam konten dan komentar dapat berupa narasi tentang kematian atau bunuh diri, mencari cara untuk bunuh diri, ekspresi putus asa atau terjebak dalam situasi sulit, dan kerinduan bahkan keinginan menyusul orang yang telah tiada. Dalam mengupas fenomena tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan psikolinguistik Hipotesis Sapir-Whorf yang menyatakan bahwa bahasa dapat memengaruhi pola pikir manusia dan lebih lanjut kebudayaan. Penelitian ini menggunakan metode campuran antara kualitatif deskriptif dan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis korpus dari konten dan komentar TikTok serta hasil survei yang ditujukan pada sejumlah pengguna TikTok. Penelitian ini menemukan beberapa pola bahasa yang sering muncul dalam konten dan komentar, seperti kata-kata yang sering muncul beserta kolokasi dan klusternya dan kecenderungan penggunaan subjek “aku”. Hal tersebut menandakan adanya saling pengaruh antarpengguna TikTok melalui kata-kata tertentu dan menyebabkan bandwagon effect.

Kata kunci: bandwagon effect; TikTok; bunuh diri; pola bahasa; psikolinguistik

 

Social media is a form of modern development that has many functions. One of the social media that is most popular with young people is TikTok. However, those who consume TikTok content unwisely can experience the bandwagon effect or bandwagon effect which leads to negative things. This research aims to map language patterns in content and comments on TikTok related to suicidal tendencies which cause the bandwagon effect. Another aim of this research is to reveal the role of content and comments related to suicidal tendencies on TikTok in causing the bandwagon effect. Suicidal tendencies in content and comments can take the form of narratives about death or suicide, looking for ways to commit suicide, expressions of hopelessness or being trapped in difficult situations, and longing and even wanting to follow someone who has died. In examining this phenomenon, this research uses the psycholinguistic approach of the Sapir-Whorf Hypothesis which states that language can influence human thought patterns and furthermore culture. This research uses a mixed method of descriptive qualitative and descriptive quantitative. This research uses corpus analysis of TikTok content and comments as well as survey results aimed at a number of TikTok users. This research found several language patterns that often appear in content and comments, such as frequently appearing words along with their collocations and clusters and a tendency to use the subject "I". This indicates that there is mutual influence between TikTok users through certain words and causes a bandwagon effect.

Keywords: bandwagon effect; TikTok; suicide; language patterns; psycholinguistics

Keywords:

bandwagon effect, tiktok, bunuh diri, pola bahasa, psikolinguistik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 39
Downloads Count: 37

Published

11-03-2025

How to Cite

Indah Nur Lailia, Zefanya Grace, Anggita Kaliya Nandini, Intan Sekar Putri Pribadi, Yesi Humairah Rahmani, & Muhamad Adji. (2025). BANDWAGON EFFECT SEBAGAI AKIBAT KONTEN DAN KOMENTAR YANG BERKAITAN DENGAN BUNUH DIRI DI MEDIA SOSIAL TIKTOK . Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 9(1), 27–38. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/diglosia/article/view/13076

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.