REPRESENTASI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL CERITA AKU ANAK YANG BERANI 3 DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujaun untuk mendeskripsikan dan merepresentasikan nilai multikultural cerita Aku Anak yang Berani 3 dalam pembelajaran sastra di sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deksriptif kualitatif dengan analisis isi. Sumber penelitian berupa sepuluh cerita di dalam cerita anak Aku Anak yang Berani 3. Data dikumpulkan dengan mengkaji teks, mencatat dan menganalisis temuan. Teknik analisis data menggunakan teknik simak dan catat. Data diklasifikasi, dianalisis, dan diinterpretasikan berdasarkan nilai pendidikan multrikultural, lalu diimplementasikan dalam pembelajaran sastra di sekolah dasar. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berupa analisis nilai mutikutural yang ditemukan pada cerita anak Aku Anak yang Berani 3, yaitu toleransi antarumat beragama, menghargai perbedaan suku dan bahasa, menghormati perbedaan fisik, kesederajatan gender, dan perbedaan-perbedaan lainnya yang meliputi perbedaan cara belajar, keadaan ekonomi, perbedaan pendapat, perbedaan kemampuan, dan perbedaan keadaan keluarga. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada yang sama di dunia ini, penuh perbedaan, dan bagaimana cara untuk saling menyikapi perbedaan tersebut sehingga tidak terjadi perselisihan dan konflik. Oleh sebab itu, cerita anak ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran sastra berbasis pendidikan multikultural di sekolah dasar.
Kata kunci: Sastra Anak, Pendidikan Multikultural, Sekolah Dasar
This research aims to describe and represent the multicultural value of the story Aku Anak Berani 3 in literature learning in elementary schools. The method used in this research is a qualitative descriptive method with content analysis. The research source is ten stories in the children's story Aku Anak berani 3. Data was collected by reviewing the text, recording and analyzing the findings. Data analysis techniques use listening and note-taking techniques. The data is classified, analyzed and interpreted based on the value of multicultural education, then implemented in literature learning in elementary schools. Data analysis is carried out by collecting data, reducing data, presenting data, drawing conclusions. The results of the research are an analysis of the muticutural values found in the children's story Aku Anak Berani 3, namely tolerance between religious believers, respect for ethnic and linguistic differences, respect for physical differences, gender equality, and other differences which include differences in learning methods, economic conditions, differences opinions, differences in abilities, and differences in family circumstances. It can be concluded that nothing in this world is the same, it is full of differences, and how to deal with these differences so that disputes and conflicts do not occur. Therefore, this children's story can be used as literature learning material based on multicultural education in elementary schools.
Keywords: Children's Literature, Multicultural Education, Elementary School