PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR

Authors

  • Irmayanti Rahma Tiflen Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aida Sumardi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan menulis teks eksposisi berbantuan media kartu bergambar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Dharma Karya UT dengan populasi kelas VIII yang berjumlah 90 peserta didik. Sampel penelitian adalah kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 peserta didik dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif (true experimental) dengan rancangan post-test only. Pembelajaran diterapkan menggunakan model quantum teaching dengan bantuan media kartu bergambar untuk memudahkan peserta didik mengeksplorasi pengetahuan, berpikir kritis, dan imajinatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan pada kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model quantum teaching berbantuan media kartu bergambar, sedangkan kelas kontrol tidak mendapatkan perlakuan tersebut. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang telah divalidasi oleh ahli, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 87,50, sedangkan kelas kontrol adalah 76,50 menunjukkan perbedaan signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching berbantuan media kartu bergambar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi.

 

Kata kunci: menulis teks eksposisi, model quantum teaching, media kartu bergambar.

 

This study aims to determine the effect of quantum teaching learning model on the ability to write exposition text assisted by picture card media. This research was conducted at SMP Dharma Karya UT with a population of class VIII totalling 90 students. The research sample was class VIII 2 as an experimental class with totally 30 students and class VIII 3 as a control class with totally 30 students. The research method used is quantitative (true experimental) with post-test only design. Learning is applied using the quantum teaching model with the help of picture card media to facilitate students to explore knowledge, think critically, and imaginatively. The results showed a significant effect on the experimental class that received the quantum teaching model treatment assisted by picture card media, while the control class did not get the treatment. The research instrument in the form of a description test that has been validated by experts, the average value of the experimental class is 87.50, while the control class is 76.50 showing a significant difference. Thus, it can be concluded that the quantum teaching learning model assisted by picture card media has a significant effect on the ability to write expository text.

Keywords: writing expository text, quantum teaching model, picture card media.

Keywords:

menulis teks eksposisi, model quantum teaching, media kartu gambar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 23
Downloads Count: 8

Published

11-03-2025

How to Cite

Rahma Tiflen, I., & Sumardi, A. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR. Diglosia : Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 9(1), 89–95. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/diglosia/article/view/13075

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.