Analisis Kesalahan Pada Kemampuan Menulis Permulaan Peserta Didik Sekolah Dasar

Abstract Views : 16 / Downloads Count: 6

Authors

  • Putri Oktaviana Universitas Mataram
  • I Nyoman Karma Universitas Mataram
  • Nurwahidah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9203

Keywords:

Analisis Kesalahan, Menulis Permulaan Siswa, Sekolah dasar

Abstract

Kesalahan pada kemampuan menulis adalah kesalahan atau kekeliruan dalam berbahasa berakibat karena penutur tidak tepat dalam memilih kata atau ungkapan untuk situasi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan menulis pada kemampuan peserta didik di kelas II SDN 40 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. subyek penelitian ini adalah peserta didik di kelas II SDN 40 Mataram dengan jumlah peserta didik 25 peserta didik yg terdiri dari 13 orang laki-laki dan dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes tulis, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini berfokus pada penggunaan huruf capital, penggunaan tanda baca, dan penulisan kata ejaan. Teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik pengumpulan data.  Hasil penelitian  menunjukan presentase kesalahan peserta didik dalam kemampuan menulis pada teks cerita dongeng yaitu kesalahan penulisan kata ejaan sebanyak 53 kesalahan dengan persentase 23,98%, kesalahan penulisan huruf kapital sebanyak 90 kesalahan dengan persentase 40,72%, dan kesalahan penggunaan tanda baca 78 kesalahan dengan persentase 35,29%. Hal ini menunjukan bahwa kesalahan pada kemampuan menulis permulaan peserta didik perlu ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelya Aisah. (2021). “Analisis keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V MI Roudlatul ulum suwawal 04 jepara tahun pelajaran 2020/2021”

Aris sumrambahyani (2019) “Meningkatkan minat dan kemampuan menulis permulaan siswa dengan menggunakan media gambar kelas I SD Negeri 2 karanggedang”

Asep Muhyidin dkk (2018) “metode pembelajaran membaca dan menulis permulaan di kelas awal” Vol. 4 No. 1, Maret 2018

Asep Muhyidin, Dkk (2018)”Metode pembelajaran membacadan menulis permulaan di kelas awal”

Asep Muhyidin, Odin Rosidin, Erwin Salpariansi (2018) “Metode pembelajaran membacadan menulis permulaan di kelas awal”

Azlia latae dkk (2014) “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali”

Basmah Hulwah, Mubarak Ahmad (2022) “Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar”

Byrne, Donn. (1988). Teaching Writing Skill. Hongkong: Longman Group (FE). Lt.

Candra dewi (2018),” Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar “

Djihan Anggini Saputri, - (2019) “Penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan huruf cetak pada siswa kelas I Sekolah Dasar”

Fitria pramesti (2018) “Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 2, Number 3, Tahun 2018, pp. 283-289

Kadek yati fitria dewi (2021) “mengelola siswa dengan kesulitan belajar menulis (disgrafia)”

Lestari. (2013). “Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Menggunakan Media Gambar Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Siswa Kelas 2 SD Malangrejo” .Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Maidar, Sabarti Akhadiah, dan Ridwan, Sakura. (1994). Pembinaan Kemampuan Menulis. Jakarta: Erlangga.

Nisa arrohmah (2022), “kesulitan menulis permulaan siswa kelas 1 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri tahunan pacitan “

Roikhatul Jannah dkk. (2019). ” Pengaruh Media Picture and Picture Tematik Integratif Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Pada Kelas Satu SD”

Siti nurbayati dkk (2018) “Instrumen asesmen menulis permulaan pada anak dengan hambatan kecerdasan ringan “

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabe”.

Sukartiningsih, Wahyu. 2004. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar Melalui Media Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Dasar”

Suparti. 2007. “Strategi Pembelajaran Menulis di Sekolah dasar Kelas IV. Jurnal Didaktika”

Tadkiroatun, Musfirah. (2009). Menumbuhkan Baca-Tulis Anak Usia Dini. Jakarta. PT. Grasindo.

Wiwin nuraeni dkk (2022) “Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Sekolah Dasar dengan Media Gambar” Volume 1 Juli 2022

Downloads

Published

2024-07-20

How to Cite

Oktaviana, P., Karma, I. N., & Nurwahidah, N. (2024). Analisis Kesalahan Pada Kemampuan Menulis Permulaan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9203

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)