Studi Kasus Tentang Siswa Underachievement di SDN 1 Cakranegara

Abstract Views : 6 / Downloads Count: 5

Authors

  • Rima Aditi Rahayu Universitas Mataram
  • I Nyoman Karma Universitas Mataram
  • Iva Nurmawanti Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8985

Keywords:

underachievement, siswa SD, guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siswa yang tergolong underachievement, faktor yang mempengaruhi siswa underachievement serta cara penanganannya pada siswa kelas V SDN 1 Cakranegara. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pada 3 siswa yang diperoleh dari hasil tes IQ pada 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori siswa underachievement ternyata berbeda-beda, ada yang sensitif, mudah menangis, sering bolos dan tidak mau mendengarkan penjelasan pada saat guru mengajar. Faktor yang mempengaruhi dibedakan menjadi 2 yaitu faktor internal, dari diri siswa, motivasi, (kondisi fisik, kepribadiannya). Faktor eksternal berasal dari proses pembelajaran, keluarga (kurang mendukung, kurangnya menghargai, dan kurang peduli). Dalam penanganannya guru cenderung menggunakan tiga cara yaitu, pengembangan materi, bimbingan konseling, dan mengembangkan gaya belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalimunthe, K. (2020). Identifikasi Mahasiswa Underachiever (Studi Kasus Pada Mahasiswa Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga). Jurnal Ilmsiswah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 23-32. Di akses dari http://jurnalilmsiswahcitrabakti.ac.id

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dewi, R. S., & Trisnawati, M. (2017). Identifikasi anak underachievement. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(2), 19–27

Lelono, S. (2011). Masalah Siswa Underachiever Dan Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pengentasannya. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 5(1), 77-89. Di akses dari http://ejournal.unp.ac.id

Mitayani, M., Munadi, M., & Wahyuningsih, R. (2017). Penanganan Siswa Underachiever di SD Muhammadiyah Program Unggulan Gedongan Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, SISWAIN Surakarta). Di akses dari doi http://eprints.siswain-surakarta.ac.id/524/1/19.%20Mitayani.pdf

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar. U. (2004). Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka

Munawir Yusuf, dkk. (2003). Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Pratama, B. D., & Suharni, S. (2017). Layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa underachiever. Counsellsiswa: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 1-10. Di akses dari http://e-journal.unipma.ac.id

Rafika, Rahmawati. (2017). Bimbingan dan Konseling untuk Anak Underachiever. Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahmawati, R. (2013). Bimbingan dan konseling untuk siswa underachiever. Paradigma, (15). Di akses dari https://journal.uny.ac.id

Utami Munandar. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-08-10

How to Cite

Rahayu, R. A., Karma, I. N., & Nurmawanti, I. (2024). Studi Kasus Tentang Siswa Underachievement di SDN 1 Cakranegara . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8985

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)