Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar

Abstract Views : 120 / Downloads Count: 42

Authors

  • Raih Mitra Sulsana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram
  • I Nyoman Karma Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram
  • Nurwahidah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8669

Keywords:

Problem Based Learning, Kahoot, Pemahaman Konsep Matematis, Pendidikan Matematika, SDN Fajar Karya

Abstract

Skor matematika siswa Indonesia dalam Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan penurunan yang signifikan. Di SDN Fajar Karya, pemahaman konsep matematis siswa kelas V masih rendah, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media digital Kahoot terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas V di SDN Fajar Karya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Fajar Karya (23 siswa) yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes tertulis (pretest dan posttest) dan observasi. Analisis data dilakukan dengan uji-t berpasangan menggunakan SPSS 25.0.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkannya model PBL berbantuan media Kahoot, dengan nilai rata-rata posttest sebesar 81,96. Uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05), dan uji effect size menghasilkan nilai 1,298, menunjukkan pengaruh yang sangat besar. Model Problem Based Learning berbantuan media digital Kahoot memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas V SDN Fajar Karya. Hasil penelitian ini mendukung pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, N. (2016). Impementasi Model Pembelajaran Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di Program Studi FKIP Univisersitas Ahmad Dahlan. Jurnal Bioedukatika, 27-30.

Asmarnis, Yuhelman, N., & Murwindra, R. (2016). Media Dan Efektivitas Belajar Siswa Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berdaya Saing Tinggi. Jurnal Zarah, 4(1), 34–46. file:///C:/Users/8/Downloads/171-Article Text-652-1-10-20170627.pdf

Amelia, H. (2019). "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kombinasi Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IV MIN 11 Bandar Lampung". Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Raden Intan Lampung.

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Deskoni. ( 2019). Penerapan Problem Based Learning berbantuan Kahoot! dalam meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Utilitas Vol. 5, No. 2 , 28-37.

Marwa. (2023,). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V SD Mujahidin Pontianak. Journal on Education Volume 06, No. 01,, E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365.

Maryati, I. (2018). Mosharafa. 7(1), 63.

Rachmawati, B., Dewi, R. P., & Prakoso, J. (2022). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Kebutuh. Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 349-356.

Wahyun, F. T. (2022.). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kemampuan Pemahaman KonsepMatematis Siswa Kelas XI Ma Mu’allimat Nu Kudus. Jurnal Pendiidkan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi Vol. 2, No. 2, , ISSN(Online): 2807-3878.

Yuliani, E. N. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Koopearatif

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Sulsana, R. M., Karma, I. N., & Nurwahidah, N. (2024). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 491–497. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8669

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)