Model Pembelajaran Pair Check Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Abstract Views : 49 / Downloads Count: 39

Authors

  • Putri Khusnul Fadillah Universitas Mataram
  • I Nyoman Karma Universitas Mataram
  • Nurwahidah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8439

Keywords:

Pembelajaran Pair Check, Hasil Belajar IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V di SDN 5 Malaka tahun ajaran 2023/2024 semester ganjil. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental desain dengan tipe time series desain. Sampel pada penelitian ini menggunakan seluruh anggota populasi yang berjumlah  14 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrument tes berupa soal  essay yang berjumlah 14 soal untuk mengukur hasil belajar IPAS peserta didik. Teknis analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji paired sample t-test yakni 0,000 < 0,05 dengan    dimana 15.407 > 1.761 artinya  yang diajukan ditolak dan  diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SDN 5 Malaka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriani, (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Tanjung Raja, Skripsi. Universitas sriwijaya.

Huda, Miftahul. (2018). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indah, S. (2021). Pengaruh pembelajaran Pair Check spencer kagen bermedia colour cards terhadap hasil belajar IPA konsep faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas air kelas V SD Negeri 050 lara utama masamba, Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). model pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Kurniawan Deni, (2019). Pembelajaran Terpadu Tematik, Bandung: Alfabeta.

Maufur, Hasan. (2019). Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikkan. Semarang: PT. Sindur Press.

Marlinda. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Pair Check Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas V MI Nurul Hidayah Palembang. Palembang: Program Studi PGMI UIN Raden Fatah, Skripsi sarjana S.I Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Miftahul, H. (2018). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar, 49.

Purnomo, C. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education and Religious Studies, 1(02), 53-57.

Rejeki, E. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Di SMA Negeri 1 Sibabangun. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 75-81.

Suciati, I., Mailili, W. H., & Hajerina, H. (2022). Implementasi geogebra terhadap kemampuan matematis peserta didik dalam pembelajaran: a systematic literature review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 27-42.

Sugiyono, (2018). Metode Penelititian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Widiani, N. L. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Journal of Education Action Research, 5(2), 278-284.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Fadillah, P. K., Karma, I. N., & Nurwahidah, N. (2024). Model Pembelajaran Pair Check Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 511–519. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8439

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)