Manajemen Peserta Didik Pondok Modern Al-Aqsha

Abstract Views : 12 / Downloads Count: 8

Authors

  • Agus Samsul Nahar SMAN 7 Kota Bandung
  • Ari Ramadhana SMA Plus Al-Aqsha Kabupaten Sumedang
  • Jaja Jahari Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Erihadiana Universitas Islam Negeri Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8161

Keywords:

Manajemen, Peserta didik, Lembaga Pendidikan

Abstract

Manajemen peserta didik bisa menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas dan pretasi pada Lembaga penbdidikan. Peserta didik dikelola dengan baik dan benar agar dapat di ukut keberhasilannya prestasi yang di dapatkan oleh peserta didik. Manajemen Peserta didik seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja serta pembinaan secara kontiniu terhadap seluruh peserta didik dalam Lembaga pendidikan yang bersangkutan agar dapat mengikuti proses belajar-mengajar secara efektif dan efisien demi tercapainnya tujuan pendidikan yang telah diterapkan, adapun kegiatan manajemen peserta didik pada penelitian in adalah perencanaan, pembinaan, evaluasi dan mutasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen peserta didik di SMA Plus Al-Aqsha. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena yang terjadi. Data yang diperoleh berupa hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa SMA Plus Al-Aqsha  untuk dapat menunjang visi dan misi lembaga perlu mengkonsep manajemen peserta didik dengan matang dengan cara melakukan kegiatan perencanaan peserta didik, pembinaan peserta didik, evaluasi peserta didik dan mutasi peserta didik..

Kata Kunci: Manajemen, Peserta didik, Lembaga Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achadah, A. (2019). Evaluasi dalam pendidikan sebagai alat ukur hasil belajar. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6(1), 97-114.

Amelia, A., Simangunsong, A. S., Akmalia, R., Diastami, S. M., Halawa, S., & Tanjung, A. (2023). Manajemen Pembinaan Peserta Didik pada Lembaga Pendidikan. Journal on Education, 5(2), 3394-3403.

Annas, A. N. (2017). Manajemen peserta didik berbasis kecerdasan spiritual pendidikan Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 132.

Badrudin. (2013). Dasar-dasar manajemen. Bandung: Alfabeta.

Fathurrochman, I. (2022). Implementasi Manajeman Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 7(2), 129-136.

Jauhari, J., dkk. (2018). Manajemen peserta didik. Jurnal Islamic Education Manajemen, 3(2), 192.

Nurjanah, H. (2018). Manajemen peserta didik. Bandung: UIN SGD BDG.

Qomaruddin, Q. (2022). Manajemen Kesiswaan dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(1), 75-98.

Rifa’i, M. (2018). Manajemen peserta didik. Medan: CV. Widya Puspita.

Suwardi, & Daryanto. (2017). Manajemen peserta didik. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Nahar, A. S., Ramadhana, A., Jahari, J., & Erihadiana, M. (2024). Manajemen Peserta Didik Pondok Modern Al-Aqsha. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 680–686. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8161

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)