Perspektif Baru Kurikulum Merdeka Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

Abstract Views : 21 / Downloads Count: 14

Authors

  • Gozali STIQ As-Syifa Subang
  • Imam Sibaweh Institut Pesantren Babakan Cirebon
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Al Zaytun Indonesia
  • Jaja Jahari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Erihadiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.7750

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar, Kurikulum, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, implementasi, dan evaluasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan informan berjumlah 6 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru-guru SMAIT As-Syifa Boarding School Subang. Teknik pengumpulan data melalui tiga cara, yaitu observasi, studi dokumen, dan wawancara. Teknik analisis datanya melalui tiga tahap yaitu reduksi data reduction, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAIT As-Syifa Boarding School dilakukan beberapa perencanaan yaitu: a). Terdapat evaluasi menyeluruh terhadap kebutuhan siswa, perkembangan pendidikan, dan tuntutan dunia kerja. b). Kolaborasi antara wakil kepala sekolah, tim guru, dan pakar pendidikan. (2) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAIT As-Syifa Boarding School dilakukan dengan cara: a). Melibatkan pelatihan dan dukungan kepada guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif dan relevan. b).Guru didorong untuk menggunakan metode pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan kontekstual. (3) Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAIT As-Syifa Boarding School dilakukan dengan cara: a). Berkelanjutan dan holistik, b). Evaluasi dampak kurikulum, c) Evaluasi Pengembangan Profesional Guru, d) Evaluasi metode pembelajaran inovatif, peningkatan kompetensi guru, penguasaan materi, keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta evaluasi dampak program Merdeka Belajar yang sudah diimplementasikan secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Garnida, D. (2015). Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Rafika Aditama.

Gusty, Sri, dkk. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Indrawati, M., Cahyo, P., & Ayu, S. (2020). The COVID-19 Pandemic impact on children’s education in disadvantaged and rural area across Indonesia. International Journal of Education (IJE), Vol. 8, No 4, Desember 2020.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125. http://ejournal.radenintan.idrusac.id/index.php/idaroh/article/view/1112.

Rusman, (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta : Rajawali Press.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Utomo, Hasto Joko Nur dan Meilan Sugiarto. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Ardana Media.

Wahyudin, D. (2014). Manajemen Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wildan, Z. (2017). Analisis Implementasi Kurikulum2013 dengan Sistem Kredit Semester Manajemen Pendidikan.

Downloads

Published

2024-07-02

How to Cite

Gozali, G., Sibaweh, I., Setiabudi, D. I., Jahari, J., & Erihadiana, M. (2024). Perspektif Baru Kurikulum Merdeka Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 652–658. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.7750

Issue

Section

Articles