Analisis Pelaksanaan Supervisi Akademik Sekolah, Faktor Pendukung Dan Penghambatnya

Abstract Views : 12 / Downloads Count: 9

Authors

  • D Abdul Kohar Madrasah Tsanawiyah Negeri 6, Cianjur
  • Asep Abdullah UIN Sunan Gunung Djati
  • Irvan Destian STIT Attaqwa Ciparay, Bandung
  • Jaja Jahari Universitas Islam Negeri Sunan Guning Djati, Bandung
  • Mohamad Erihadiana Universitas Islam Negeri Sunan Guning Djati, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8147

Keywords:

Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Guru, Sekolah Islam

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada analisis pelaksanaan supervisi akademik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Tasilmalaya dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat nya. Pengambilan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Kepala dan wakil kepala bidang kurikulum menjadi partisipannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaaan supervisi akademik SMP Islam Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya secara teoritis telah sesuai dengan ciri-ciri supervisi yang bersifat ilmiah sistematis, obyektif, dan menggunakan instrument yang sesuai dengan regulasi dengan hasil memuaskan dengan bukti bernilai akreditasi A. Faktor pendukungnya adalah guru, kepala sekolah, dan pengawas. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu beban kerja kepala terlalu banyak, kendala psikologis kepala sekolah untuk melakukan supervisi akademik, belum optimalnya peran wakil kepala sekolah bidang kurikulum, masih terdapat guru hanya sekedar mentransfer ilmu, sebagian guru belum menguasai tehnik, metode, pendekatan, dan strategi serta pemanfaatan media dalam proses pembelajaran dan penilaian, sebagian guru melakukan pembelajaran konvensional, monoton, tidak inovatif, dan belum semua guru menguasai penggunaan teknologi untuk pembelajaran. Penelitian ini diharapkan menjadi dasar penelitian selanjutnya yang meneliti dari ranah yang berbeda dan menjadi motivasi bagi steakholder untuk meningkatkan satuan pendidikannya khususnya dalam masalah akademik

Kata kunci: Supervisi Akademik; Kepala Sekolah; Guru; Sekolah Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aedi, N. (2014). Pengawasan pendidikan Tinjauan Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada.

Amrulloh, M. S., & Galushasti, A. (2022). Professional development teacher to improve skills of science process and creativity of learners. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(3), 299–307. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i3.20404

Astuti, Sri; Fitriana S, Onny;Handayani, T. (2022). Modul Administrasi dan supervisi Pendidikan. Feniks Muda Sejahtera.

Bada, A. A., & Jita, L. C. (2023). Student’s rating of secondary school physics teachers’ classroom practice: Implications for teaching and learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(1), 477–486. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.24078

Daryanto. (2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Gava Media.

H. Franklin and I. Harrington. (2019). A Review into Effective Classroom Management and Strategies for Student Engagement: Teacher and Student Roles in Today’s Classrooms. Journal of Education and Training Studies, 7(12), 1.

Ima, W., Pattiasina, J., & Sopacua, J. (2023). Model to increase motivation and learning outcomes in learning history. Journal of Education and Learning, 17(2), 206–214. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i2.20703

Kohar, A. D., Saehu, A., & Sri Ardiasih, L. (2022). Strengthening reading comprehension and interest through SQ3R strategy using Whatsapp during pandemic. Indonesian EFL Journal, 8(2), 165–176. https://journal.uniku.ac.id/index.php/IEFLJ/index.https://doi.org/10.25134/ieflj.v8i2.6440

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi Pendidikan. www.cvalfabeta.com

Meidelina, O., Saleh, A. Y., Cathlin, C. A., & Winesa, S. A. (2023). Transformational leadership and teacher well-being : A systematic review. 17(3), 417–424. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i3.20858

Mile.Mattew B; Huberman, A Michael;Saldana, Johnnyoshinsky, M. (2014). Qualitative Data Analysis. In Sage (Third edit). Sage.

Panduwiyasa, H. (2022). The Influence of Knowledge Management and Islamic Development Organization in High Schools. 13(2), 145–162.

R. A. Kutbiddinova, A. A. Eromasova, and M. A. R. (2016). The use of interactive methods in the educational process of the higher education institution. International Journal of Environmental and Science Education, 11(14), 6557–6572.

R. Maulana, M. C. Opdenakker, K. Stroet, and R. B. (2013). Changes in Teachers’ Involvement Versus Rejection and Links with Academic Motivation During the First Year of Secondary Education: A Multilevel Growth Curve Analysis. Journal of Youth and Adolescence, 42(9), 1348–1371.

Spiteri, M., & Chang Rundgren, S. N. (2020). Literature Review on the Factors Affecting Primary Teachers’ Use of Digital Technology. Technology, Knowledge and Learning, 25(1), 115–128. https://doi.org/10.1007/s10758-018-9376-x

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian pendidikan (18th ed.). Alfabeta.

Supriadi, B. (2019). Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 1. https://doi.org/10.24014/ijiem.v2i1.7120

Wahyudi, E. (2022). Implementasi Supervisi Pendidikan Islam di Era Disrupsi. Garudha Wacana.

Wibawa, Basuki. Mahdiyah & Afgani, J. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Universitas Terbuka.

Yuliana, L., Prasojo, L. D., & Akalili, A. (2022). Analysis of confirmatory factors of principals’ leadership training of vocational high school. Cakrawala Pendidikan, 41(3), 599–618. https://doi.org/10.21831/cp.v41i3.50496

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Kohar, D. A., Asep Abdullah, Destian, I., Jahari, J., & Erihadiana, M. (2024). Analisis Pelaksanaan Supervisi Akademik Sekolah, Faktor Pendukung Dan Penghambatnya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 695–705. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8147

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)