STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK : TINJAUAN LITERATUR TERHADAP PRAKTIK TERBAIK DAN TANTANGAN DI PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.13585Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi manajemen sumber daya pendidik dengan fokus pada praktik terbaik dan tantangan yang dihadapi dalam pendidikan. Pokok masalah yang diangkat adalah bagaimana manajemen sumber daya pendidik dapat meningkatkan kualitas pendidikan di tengah tantangan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi praktik terbaik dalam manajemen sumber daya pendidik serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dengan pendekatan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA). Data yang diperoleh menunjukkan bahwa pelatihan berkelanjutan dan pengembangan karir pendidik sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan motivasi mereka. Selain itu, penggunaan teknologi dalam pendidikan dan kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat juga diidentifikasi sebagai faktor kunci dalam pengembangan sumber daya pendidik. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa manajemen sumber daya pendidik yang efektif memerlukan pendekatan holistik dan kolaboratif.
Keywords:
Strategi, Pengembangan SDM, Pendidikan, PelatihanDownloads
References
Amarullah, A., Imaniah, I., & Muthmainnah, S. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia (Sdm) Di Era Digital Melalui Pelatihan Sertifikasi Kompetensi Di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 4, 479. https://doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7956
Anggraini, E. S., Nur Adana, F. T., Azahra, V. A., Aqilah, J., & Putri, M. A. (2023). Problematika Manajemen Lembaga Paud Dalam Keterbatasan Sumber Daya Manusia. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 8(1), 69. https://doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2660
Hanafiah, H., Berliana, B., & Margono, M. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 973–980. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.588
Kamaludin, K. (2023). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan Dalam Pemberdayaan Warga Sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(2), 249. https://doi.org/10.25157/jwp.v10i2.11309
Kamaludin, K., Taulany, H., & Slamet, S. (2024). Enhancing Competitive Advantage in the Disruptive Era: Strategy Formulation Framework in Model Public Junior High Schools in Indonesia. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 42–58. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v8i1.6861
Kelpsiene, M., & Monkeviciene, O. (2024). Predictors of Deep Learning and Competence Development in Children Aged 5–7 Using Augmented Reality Technology. Education Sciences, 14(9). https://doi.org/10.3390/educsci14091024
Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran, Kepemimpinan Perubahan, Kepemimpinan Spiritual, Budaya Sekolah, dan Etika Profesi terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 198–219. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p198
Larasati, R. A. (2024). Pelatihan Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ta’am Imtaq Cangkuang Kabupaten Bandung. JGEN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 69–74. https://doi.org/10.60126/jgen.v2i1.279
Nisa, N. F., Chasanah, N., & Kamil., R. M. N. (2024). Optimalisasi pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan karir guru. Communnity Development Journal, 5(3), 4102–4107. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.27770
Syafaruddin, & Amiruddin. (2017). Manajemen Kurikulum. Perdana Publishing, 1–208.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dinda Septiana Elyus, Aditya Ayu Wardani, Ria Septiana Jaelani, Syunu Trihantoyo, Muhammad Sholeh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.