STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK : TINJAUAN LITERATUR TERHADAP PRAKTIK TERBAIK DAN TANTANGAN DI PENDIDIKAN

Authors

  • Dinda Septiana Elyus Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Aditya Ayu Wardani Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Ria Septiana Jaelani Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Muhammad Sholeh Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.13585

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi manajemen sumber daya pendidik dengan fokus pada praktik terbaik dan tantangan yang dihadapi dalam pendidikan. Pokok masalah yang diangkat adalah bagaimana manajemen sumber daya pendidik dapat meningkatkan kualitas pendidikan di tengah tantangan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi praktik terbaik dalam manajemen sumber daya pendidik serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur dengan pendekatan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA). Data yang diperoleh menunjukkan bahwa pelatihan berkelanjutan dan pengembangan karir pendidik sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan motivasi mereka. Selain itu, penggunaan teknologi dalam pendidikan dan kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat juga diidentifikasi sebagai faktor kunci dalam pengembangan sumber daya pendidik. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa manajemen sumber daya pendidik yang efektif memerlukan pendekatan holistik dan kolaboratif.

Keywords:

Strategi, Pengembangan SDM, Pendidikan, Pelatihan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amarullah, A., Imaniah, I., & Muthmainnah, S. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia (Sdm) Di Era Digital Melalui Pelatihan Sertifikasi Kompetensi Di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 4, 479. https://doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7956

Anggraini, E. S., Nur Adana, F. T., Azahra, V. A., Aqilah, J., & Putri, M. A. (2023). Problematika Manajemen Lembaga Paud Dalam Keterbatasan Sumber Daya Manusia. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 8(1), 69. https://doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2660

Hanafiah, H., Berliana, B., & Margono, M. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 973–980. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.588

Kamaludin, K. (2023). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan Dalam Pemberdayaan Warga Sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(2), 249. https://doi.org/10.25157/jwp.v10i2.11309

Kamaludin, K., Taulany, H., & Slamet, S. (2024). Enhancing Competitive Advantage in the Disruptive Era: Strategy Formulation Framework in Model Public Junior High Schools in Indonesia. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 42–58. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v8i1.6861

Kelpsiene, M., & Monkeviciene, O. (2024). Predictors of Deep Learning and Competence Development in Children Aged 5–7 Using Augmented Reality Technology. Education Sciences, 14(9). https://doi.org/10.3390/educsci14091024

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran, Kepemimpinan Perubahan, Kepemimpinan Spiritual, Budaya Sekolah, dan Etika Profesi terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 198–219. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p198

Larasati, R. A. (2024). Pelatihan Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ta’am Imtaq Cangkuang Kabupaten Bandung. JGEN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 69–74. https://doi.org/10.60126/jgen.v2i1.279

Nisa, N. F., Chasanah, N., & Kamil., R. M. N. (2024). Optimalisasi pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan karir guru. Communnity Development Journal, 5(3), 4102–4107. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.27770

Syafaruddin, & Amiruddin. (2017). Manajemen Kurikulum. Perdana Publishing, 1–208.

Downloads

Abstract Views : 17
Downloads Count: 6

Published

2025-05-02