PERAN MANAJEMEN TALENTA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Authors

  • Cindy Oktavia Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Lailil Oktavia Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Elizabeth Bryana Stone Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Syunu Trihantoyo Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Muhammad Sholeh Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.13583

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen talenta dalam dunia pendidikan, komponen manajemen talenta yang mempengaruhi kinerja guru, strategi implementasi manajemen talenta dalam meningkatkan kinerja guru serta tantangan dan solusi manajemen talenta dalam meningkatkan kinerja guru. Metode penelitian ini menggunakan analisis bibliometrik dengan pedoman Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses (PRISMA). Hasil penelitian ini mengidentifikasi bahwa implementasi manajemen talenta di sekolah atau di bidang pendidikan sangat penting untuk mengoptimalkan potensi guru, meningkatkan kinerja guru, meningkatkan kualitas pengajaran, dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan siswa, yang pada akhirnya berkontribusi pada kemajuan pendidikan secara keseluruhan. Komponen manajemen talenta yang mempengaruhi kinerja guru antara lain perencanaan talenta, rekrutmen dan seleksi, pengembangan kompetensi, manajemen kinerja, serta retensi dan penghargaan. Tantangan-tantangan tersebut dapat muncul dari aspek internal maupun eksternal, mulai dari keterbatasan sumber daya, kebijakan yang tidak terintegrasi, hingga resistensi terhadap perubahan.

Keywords:

Manajemen pendidikan, Talenta, Kinerja guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

ALHaryanto, A. T., & Khristiana, Y. (2023). Peran Efektivitas Kerja dan Modal Intelektual Terhadap Pencapaian Kinerja Guru Dengan Aspek Manajemen Talenta dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Excellent, 10(1), 109-125.

Al-omari, A. A. (2024). School principals ’ implementation of institutional talent management for teachers. 6(2), 84–92.

Anwar, B. (2018). Kompetensi pedagogik sebagai agen pembelajaran. Shaut Al Arabiyyah, 6(2), 114-125

Coculova, J., & Bertova, D. (2020). ANALYSIS OF FACTORS DETERMINING THE IMPLEMENTATION OF TALENT MANAGEMENT. 6718(3), 249–256.

Collings, D. G., & Mellahi, K. (2009). Strategic talent management: A review and research agenda. Human Resource Management Review, 19(4), 304–313. https://doi.org/10.1016/j.hrmr.2009.04.001

Faisa, M. I., Ekonomi, F., Padjadjaran, U., Ekonomi, F., Padjadjaran, U., Raya, J., Sumedang, B., Jatinangor, K., Sumedang, K., & Barat, J. (2023). Rancangan Manajemen Talenta Guru Pada Lembaga Pendidikan Anak Langit Joeliaty Joeliaty. 2(4), 1–15.

Fauzi, A., Yuniarti, D., & Asy, H. (2024). Penerapan Manajemen Talenta Di Sekolah Dasar ( SD ) Kharisma Bangsa. 1(3).

Febrian, W. D., Ansori, K., Roza, N., Syafri, M., Susanto, S., & Lubis, F. M. (2024). Strategi manajemen talent untuk peningkatan kinerja dan retensi karyawan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4069–4077. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26930

Gagné, F. (2004). Transforming gifts into talents: The DMGT as a developmental theory. High Ability Studies, 15(2), 119–147. https://doi.org/10.1080/1359813042000314682

Gallardo-Gallardo, E., Dries, N., & González-Cruz, T. F. (2013). What is the meaning of 'talent' in the world of work? Human Resource Management Review, 23(4), 290–300. https://doi.org/10.1016/j.hrmr.2013.05.00

Gea, R. P., Ndraha, A. B., Hulu, F., & Waruwu, S. (2023). Analisis Urgensi Sistem Manajemen Talenta Guru Di Uptd Sd Negeri 074056 Dahana Humene Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(3), 2183-2193.

Haryanto, A. T., & Khristiana, Y. (2023). Peran Efektivitas Kerja dan Modal Intelektual Terhadap Pencapaian Kinerja Guru Dengan Aspek Manajemen Talenta dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Excellent, 10(1), 109-12

Hayatunnufus, A., & Amalia, U. F. (2024). Strategi Manajemen Talenta untuk Mengembangkan Tenaga Pendidik Berkualitas di MIS Miftahul Huda Kabupaten Nganjuk.

Lewis, R. E., & Heckman, R. J. (2006). Talent management: A critical review. Human Resource Management Review, 16(2), 139–154. https://doi.org/10.1016/j.hrmr.2006.03.001

Lumapow, H. R., Gaspersz, S., Kerap, T. G., Hatibie, M. J., & Oley, M. C. (2024). Pentingnya Manajemen Talenta Dalam Pendidikan ( Studi Literatur ). 5(12), 1820–1828.

Melania, & Yulianah. (2024). TALENT MANAGEMENT IN EDUCATION: DEVELOPING TEACHER COMPETENCE IN THE DIGITAL ERA. 10(2), 1346–1356.

Ng, P. T. (2013). The global war for talent: Responses and challenges in the Singapore higher education system. Journal of Higher Education Policy and Management, 35(3), 280–292. https://doi.org/10.1080/1360080X.2013.786857

Ramli, A., Sudadi, S., Siswanto, E., Shobri, M., Nurdiana, D. D., Adnan, M., … & Ardi, N. (2023). Manajemen pendidikan. CV. Aina Media Baswara.

Rizky, G., Hildawati, H., Judijanto, L., Jumiono, A., Syafruddin, S., Kusmayadi, Y., … & Wibowo, S. E. (2024). Dasar-Dasar Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep, Teori, dan Penerapannya dalam Organisasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sarlota, S., Beatrix, T., & Estin, I. M. (2024). HUBUNGAN MANAJEMEN TALENTA DENGAN KINERJA GURU (STUDI DI SMA NEGERI SIWALIMA AMBON). 6(2), 134–143.

Sahlberg, P. (2011). The fourth way of Finland. Journal of Educational Change, 12(2), 173–185. https://doi.org/10.1007/s10833-011-9157-y

Subotnik, R. F., Olszewski-Kubilius, P., & Worrell, F. C. (2011). Rethinking giftedness and gifted education: A proposed direction forward based on psychological science. Psychological Science in the Public Interest, 12(1), 3–54. https://doi.org/10.1177/1529100611418056

Singerin, S., Tomasila, B., & Maahury, E. I. (2024). Hubungan Manajemen Talenta Dengan Kinerja Guru (Studi di SMA Negeri Siwalima Ambon). Jurnal Pendidikan: Kajian dan Implementasi, 6(2).

Syahrin, S., & Salehudin, M. (2024). Manajemen Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Karangan Kecamatan Karangan Kabupaten Kutai Timur. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 49-61.

Tahir, R., Aulia, D. I., Sunarto, S., Syahputra, H., Dewi, R., Muharam, D. D., … & Augustie, C. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia: Sebuah Konsep Dan Implementasi Terhadap Kesuksesan Organisasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Taridala, S., & Anwar, R. (2023). TRANSFORMASI EDUKASI: Mengoptimalisasi Kinerja Guru dan Kualitas Layanan Melalui Program Merdeka Belajar. Feniks Muda Sejahtera.

Utami, S. (2019, May). Meningkatkan mutu pendidikan Indonesia melalui peningkatan kualitas personal, profesional, dan strategi rekrutmen guru. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 518-527)

Wenny, D. F., Kholid, An., Roza, N., Syafri, M., Susanto, & Fatimah, M. L. (2024). STRATEGI MANAJEMEN TALENT UNTUK PENINGKATAN KINERJA DAN RETENSI KARYAWAN. 7, 4069–4077.

Zebua, J. N. (2024). Analisis Penerapan Manajemen Talenta Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada UPTD SD Negeri 070989 Hilinaa Kota Gunungsitoli. 4, 1240–1252.

Downloads

Abstract Views : 14
Downloads Count: 13

Published

2025-05-02