PERAN GERAKAN MAHASISWA NASIONAL INDONESIA DALAM MEMBINA DAN MENGEMBANGKAN JIWA NASIONALISME PADA MAHASISWA
(STUDI DESKRIPTIF GERAKAN MAHASISWA NASIONAL INDONESIA KOTA SAMARINDA)
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.13460Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pembinaan dan pengembangan jiwa nasionalisme yang dilakukan oleh Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Kota Samarinda yang berfokus pada pengembangan wawasan kebangsaan pada mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari sampai dengan Februari 2025. Subjek penelitian ini adalah Ketua, Pengurus, dan juga Anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Sedangkan Keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Hasil Penelitian menunjukkan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Kota Samarinda telah menjalankan peran strategisnya dalam memperkenalkan dan menanamkan wawasan kebangsaan kepada mahasiswa melalui kegiatan kaderisasi, diskusi kebangsaan, advokasi, dan aksi sosial guna meningkatkan kesadaran yang tinggi pada mahasiswa terhadap nilai-nilai Pancasila dan identitas nasional. Namun, penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada beberapa tantangan yang dihadapi Gerakan Mahasiswa Nasiona Indonesia Kota Samarinda, baik dari internal organisasi seperti perbedaan pandangan antar anggota, maupun faktor eksternal seperti kurangnya perhatian terhadap budaya literasi dan pengaruh ideologi yang bertentangan dengan kebangsaan.
Keywords:
Peran, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Pengembangan Jiwa NasionalismeDownloads
References
Azahra, S., & Slam, Z. (2022). Moderasi Beragama Untuk Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(4), 81–94.
Febriananda, F., Putri Lestari, D., Rafina, M., Sabrina, S., Trisno, B., Sjech Djamil Djambek Bukittinggi Alamat, U. M., Gurun Aua, J., Putiah, K., & Banuhampu, K. (2024). Urgensi Integritas Nasional Sebagai Persatuan Dan Kesatuan Bangsa. 44–55.
Hasan, Z., Pradhana, R. F., Andika, A. P., & Al Jabbar, M. R. D. (2024). Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Identitas Budaya Lokal dan Pancasila. JALAKOTEK: Journal of Accounting Law Communication and Technology, 1(2), 333–341. https://doi.org/10.57235/jalakotek.v1i2.2385
Juwandi, R. (2022). Penguatan Pendidikan Politik Kebangsaan Sebagai Upaya Mengembangkan Literasi Politik Mahasiswa Di Era Society 5.0. Prosinding Seminar Nasional Virtual Pendidikan Kewarganegaraan 2021, 1(July), 7.
Kolo, A., & Ikbal, A. (2022). Membina Karakter Aktivis Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(1), 11–21. https://doi.org/10.29407/pn.v8i1.17587
Puspita Ratri, E., & Najicha, F. U. (2022). Urgensi Pancasila Dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda Di Era Globalisasi. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 25–33. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.7455
Sakhi, R. G., & Najicha, F. U. (2023). Memperkuat Integrasi Nasional Dengan Memanfaatkan Generasi Muda dan Teknologi Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan …, 2023(15), 529–537. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/12262%0Ahttps://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/download/12262/5514
Sitabuana, T. H., Ruchimat, T., & Sanjaya, D. (2023). Upaya Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mencegah Disparitas Etika Dan Budaya Akibat Media Sosial. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 1(1), 130–138. https://doi.org/10.24912/jssh.v1i1.24496
Sunara Akbar, R., Afwa Ashari, H. A., Suharsono, J. P., Ramadanti, G., Apriansyah, M. R., Sulistiyawan, H., & Triandeda, K. D. (2024). Urgensi Pendidikan Bela Negara di Era Society 5.0 (Tantangan dan Peluang). Journal on Education, 6(4), 19343–19354. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5868
Yuniarsih, R., & Kamaludin, K. (2021). Pengaruh Gaya Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 311–317. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2814
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mujahidin Mujahidin, Wingkolatin Wingkolatin, Marwiah Marwiah, Warman Warman, Jamil Jamil, Novita Majid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.