PERAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL PADA DIRI SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BONTANG

Authors

  • Amelia Maulinda Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman
  • Endang Herliah Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman
  • Warman Warman Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman
  • Jawatir Pardosi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.13374

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai moral pada diri siswa di kelas VIIII SMP N 1 Bontang, lalu untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai etika moral pada diri siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Bontang dan untuk mengetahui upaya apa saja yang tepat dilakukan oleh guru PPKn dalam menanamkan nilai-nilai moral pada diri siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Bontang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Bontang selama periode Oktober hingga Desember 2024. Subjek penelitian terdiri dari guru PPKn dan siswa-siswi, menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PPKn di SMP Negeri 1 Bontang dalam menanamkan nilai moral dengan menciptakan iklim belajar nyaman, membangun hubungan positif, dan mengelola kelas disiplin. Metode pengajaran yang relevan dan apresiasi terhadap sikap baik siswa mendorong lingkungan belajar kondusif. Namun, terdapat kendala seperti penggunaan bahasa kasar oleh siswa dan tantangan teknologi serta latar belakang keluarga. Guru mengatasi masalah ini dengan menyisipkan pesan moral dalam aktivitas pembelajaran dan menjaga bahasa yang digunakan.

Keywords:

Peran Guru, Guru Sebagai Model, Moral

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhar, A., Ketut, I Gusti Sunu, A., & Natajaya, I. N. (2021). Peran Guru PPKn Dalam Meningkatkan Nilai Moral Siswa di Madrasah Aliyah ( MA ) Syamsul Huda Desa Tegallinggah-Buleleng. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 127–136.

Bu’ulolo, S. (2023). Peran Guru PPKn Dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Terhadao Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 1 Onohazumba Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 64–75.

Hafsah, & Fulmiyati, Y. (2019). Analisis Kinerja Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Karakter Etika Pergaulan dan Moral Siswa SMPN 5 Lembar. CIVICUS : Pendidikan Penelitian Pengabdian, 7(2), 76–83.

Kamaludin, K., Taulany, H., & Slamet, S. (2024). Enhancing Competitive Advantage in the Disruptive Era: Strategy Formulation Framework in Model Public Junior High Schools in Indonesia. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 42–58. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v8i1.6861

Kasim Ratna. (2019). Peran Guru Dalam Membentuk Moral Siswa SMA Muhammadiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kewuan, A. R. A., Fitri, M., & Kasim, A. M. (2024). Upaya Guru PKN Dalam Mengembangkan Kualitas Moral Siswa Kelas V SDK Lamawohong Desa Lamawohong Kecamatan Solor Barat. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 2(3), 1–30. https://doi.org/10.59581/garuda.v2i2.3642

Lestari, T. D., Saylendra, N. P., & Nugraha, Y. (2023). Strategi Meningkatkan Kesadaran Moral Peserta Didik Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(8), 265–271. https://doi.org//10.56393/decive.v3i8.1781

Rafli, S. H. (2018). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewaganegaraan Dalam Mengembangkan Kesadaran Disiplin Peserta Didik Pasca COVID-19 (Studi Kasus di SMK PASUNDAN 1 Bandung). Universitas Pasundan.

Supriwan, & Gusni. (2023). Peran Guru PPKn Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas X SMA Al- Washliyah Pasar Senen Medan Dalam Pengembangan Materi Pendidikan Nilai dan Moral. Universitas Islam Sumatera Utara.

Tities, N. N. (2015). Peran Guru Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini di TK Asuhan Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Universitas Negeri Gorontalo.

Yuniarsih, R., & Kamaludin, K. (2021). Pengaruh Gaya Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 311–317. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2814

Downloads

Abstract Views : 42
Downloads Count: 12

Published

2025-03-22

Most read articles by the same author(s)