Analisis Pesan Moral dalam Film Bring The Soul: The Movie
Pendekatan Analisis Semiotika Model Charles P. Sanders
DOI:
https://doi.org/10.31949/jika.v6i1.5799Abstract
Komunikasi merupakan salah satu cara penyampaian pesan, baik itu merupakan sebuah informasi, pikiran dan perasaan yang ingin disampaikan oleh seseorang kepada orang lain. Secara umum komunikasi dapat dilakukan secara verbal dan non-verbal serta dapat dipahami oleh kedua belah pihak berkaitan. Proses komunikasi dapat berlangsung di mana saja dan kapan saja. Dan komunikasi mempunyai bentuk-bentuknya yaitu Komunikasi Pribadi, Komunikasi kelompok, dan Komunikasi massa. Dalam perkembangannya, komunikasi massa mengikuti perkembangan kehidupan manusia. Di era digital ini perkembangan komunikasi massa menjadi pesat terutama media komunikasi massa. Sekarang ini sangat banyak jenisnya, salah satunya adalah film. Pada era globalisasi ini, film berperan sebagai sarana modern untuk hiburan, dokumentasi, ataupun edukasi.Film sebagai salah satu jenis media massa menjadi saluran dari berbagi macam gagasan, konsep, serta dapat memunculkan dampak dari penayangannya maka dari itu film mempunyai potensi untuk mempengaruhi atau membentuk suatu persepsi atau pandangan khalayak dengan muatan pesan di dalamnya.
Film Bring TheSoul: TheMovie merupakan sebuah film dokumenter BTS, boy group dari Korea Selatan’’Film dokumenter ini berkisar pada tur konser Eropa terakhir mereka, di sebuah atap di Paris, BTS menceritakan kisah mereka sendiri bagaimana mengalami hal-hal di kota yang baru bagi mereka hingga tampil di depan ribuan para penggemar/fans mereka yaitu A.R.M.Y dari seluruh dunia. Selain menampilkan cuplikan penampilan atau pertujunkan konser yang spektakuler dari mereka, kita juga akan diajak sekilas masuk ke dunia BTS yang jauh dari panggung, menampilkan kegiatan di backstage (belakang panggung) juga diskusi kelompok yang intim dari mereka. Banyak pesan yang disampaikan melalui bahasa ataupun simbol-simbol yang digunakan di dalamnya. Sehingga penonton tidak hanya dimanjakan dengan sekadar hiburan saja, melainkan penonton juga dapat mengambil pesan yang terdapat dalam film ini. Kemudian muncul pertanyaann representamen, object, dan interpretant apa saja yang terdapat dalan film Bring TheSoul: TheMovie.
Teori yang digunakan adalah teori Charles Sanders Pierce yaitu dengan melihat tanda representament (ikon, indeks, dan simbol), object dan interpretant, dan tanda-tanda tersebut bekerja untuk menghasilkan makna.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika, jenis penelitian ini yang digunakan adalah kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari Film Bring TheSoul TheMovie, berbagai media literature dan buku, artikel, media sosial/website.
Keyword: Analisis pesan, Film Bring TheSoul: TheMovie, semiotika Charles S. Pierce.