ANALISIS PENENTUAN SUPPLIER KABEL AMP TERBAIK DI PT AURA TRIDAYA SEMESTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)

Main Article Content

Dadang Hendriana
Muhammad Fatih Addin

Abstract

Iklim persaingan dalam dunia usaha menunjukan kecenderungan yang meningkat dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, tidak hanya dalam skala nasional melainkan juga dalam skala internasional. Para pelaku ekonomi pada berbagai sektor usaha selalu mengupayakan pertambahan daya saing perusahaan, setidaknya dengan mempertahankan kekuatan yang telah dimiliki. Maka dari itu diperlukan strategi yang dapat meningkatkan produktifitas pada perusahaan yaitu dengan menentukan supplier terbaik kepada perusahaan. Karena supplier memegang peranan penting dalam ketersediaan bahan baku untuk berlangsungnya aktivitas produksi suatu perusahaan. Pemilihan supplier yang tepat tidak hanya menguntungkan bagi perusahaan tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan.


PT Aura Tridaya Semesta dalam memenuhi kebutuhan pelanggannya dihadapkan kepada permasalahan yang berkaitan dengan pemilihan supplier berdasarkan kriteria yang dibutuhkan sehingga nantinya diharapkan pengadaan barang kabel AMP dapat terpenuhi dengan baik. Dalam proses pengadaan barang kabel AMP terdapat beberapa supplier yang telah lolos seleksi administratif dan dapat langsung melanjutkan ketahap tender. Diantara perusahaan yang telah memenuhi persyaratan administratif adalah PT Bascom Net, PT Infinity dan PT Sistech Karisma.


Untuk mengukur kinerja dari masing-masing supplier maka menggunakan pendekatan metode (Analitycal Hierarchy Process). Dalam melakukan evaluasi kinerja supplier pada prakteknya terbagi atas tiga kriteria yaitu : penentuan kriteria, sub-kriteria dan Alternatif. Setelah dihitung maka didapatkan bobot prioritas tertinggi yaitu PT Bascom Net menduduki peringkat pertama, kemudian PT Sistech Karisma diperingkat kedua dan PT Infinity diperingkat ke tiga. Evaluasi kinerja supplier harus terus dilakukan secara periodik untuk bisa menunjang keberhasilan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles