Pengelolaan Kinerja Sumberdaya Manusia dalam Pendidikan

Authors

  • Evi Maelani
  • Dede Titi
  • Achsin Syifah Milah

DOI:

https://doi.org/10.31949/ijie.v1i1.7260

Keywords:

pengelolaan kinerja, Sumberdaya manusia, pendidikan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui: 1) strategi pengelolaan suberdaya manusia di lembaga pendiidkan, 2) prosedur penilaian kinerja terhadap sumber daya maniusia pada lembaga pendiidkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan dan penilaian kinerja sebenarnya tidak hanya untuk kepentingan perubahan status Karyawan, dari status percobaan/kontrak akan menjadi tetap, atau untuk kenaikan jabatan saja, tapi juga bisa untuk menentukan mutasi, demosi, kenaikan gaji berkala, perhitungan insentif, bonus dan bentuk reward yang lain. Selain itu, adanya perilaku yang baik dan tingkat kompetensi yang tinggi pada masing-masing individu, secara langsung juga akan meningkatkan kompetensi organisasi atau instansi dimana pegawai tersebut mengabdi. Untuk mewujudkan akuntabilitas publik atau akuntabilitas kinerja instansi pemerintah agar dapat berjalan sesuai yang diinginkan dan dicita-citakan bersama, harus disertai dengan upaya mewujudkan akuntabilitas perilaku/tingkah laku dan wajib dilakukan oleh setiap entitas (institusi/organisasi) terhadap personalnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar Prabu, Mangkunegara. (2005). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung : Refika Aditama.

Euis Karwati dan Donni Juni Priansa. (2013). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah; Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Richard L. Daft. (2011). Era Baru Manajemen. Terj. Edisi kesembilan buku II bekerja sama dengan Tita Maria Kanita. Jakarta: Salemba.

Dessler, Gary. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia . Terj. Edisi kesepuluh jilid bekerja sama dengan Paramita Rahayu. Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Elwood S. Buffar. (1997). Manajemen Produksi/Operasi. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Husaini Usman. (2014). Manajemem Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kreitner, Robert dan Kinicki. (2005). Perilaku Organisasi. Jakarta : Salemba Empat.

Mestika Zed. 2004. Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mondy, R.W & Noe III, RM. (1995). Human Resource Management. Massahusetts, Allyn & Bacon.

Mondy, R. Wayne. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Terj. Edisi kesepuluh jilid I bekerja sama dengan Penerbit Erlangga. Jakarta: Erlangga.

Rowley Chris and Jackson Keith. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia The Key Concepts. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

William R. Werther, Jr., dan Keith Davis. (1993). Human Resources and Personnel Management.

Wirawan. (2009). Evaluasi kinerja Sumber Daya manusia Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2023-11-02

How to Cite

Maelani, E., Titi, D., & Syifah Milah, A. (2023). Pengelolaan Kinerja Sumberdaya Manusia dalam Pendidikan. Indonesian Journal of Islamic Education, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.31949/ijie.v1i1.7260