Application of the Peer Tutor Method in Improving Al Qur'an Reading Skills

Authors

  • Andre Bagus Himawan Universitas Majalengka
  • Nuruddin Araniri Universitas Majalengka
  • Ahmad Zacky Burhani Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/ijie.v2i1.10191

Abstract

Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti adalah pendidikan yang ditujukan untuk mengembangkan karakter akhlak pada Peserta didik. Pengembangan karakter harus dibina dan dibimbing semenjak telah masuk usia sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses metode tutor sebaya dalam meningkatkan keterampilan membaca Al Qur’an peserta didik dan mengetahui proses metode tutor sebaya dalam penerapan hukum tajwid ke dalam bacaan Al Qur’an. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara dua siklus dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan membaca Al Qur’an peserta didik dengan tingkat persentase pada tahap prasurvey sebesar 10,75%  kemudian pada siklus I meningkat menjadi 17,50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 18,35%. Namun pada hasil pengidentifikasian tajwid metode tutor sebaya ini memperoleh hasil yang cukup memuaskan, dimana hasil tersebut mendefinisikan bahwa pada tahap prasurvey peserta didik mendapatkan hasil kurang memuaskan, dan pada siklus I dan II mendefinisikan hasil cukup memuaskan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan membaca Al Qur’an Peserta didik Tetapi dalam pengidentifikasian Tajwid metode tutor sebaya dapat menjadi salah satu alternatif dalam memahami, mempelajari materi hukum tajwid.

Keywords:

Metode, Tutor Sebaya, Al-Qur'an

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfi, D. Z., & Idawati, K. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Pada Program Pengajian Ba’da Subuh Di Pondok Pesantren Tebuireng. DINAMIKA: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 7(2), 27–47.

Ihsan, M. Rokhishul. (2022). Peran Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Dalam Mencetak Guru Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode An-Nahdliyah Di Desa Kurungrejo Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk . IAIN Kediri.

Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168.

Safliana, E. (2020). Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Manusia. Jurnal Islam Hamzah Fansuri, 3(2).

Yuliana, R. (2017). Pembelajaran membaca permulaan dalam tinjauan teori artikulasi penyerta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 1(2).

Downloads

Abstract Views : 100
Downloads Count: 78

Published

2024-07-13

How to Cite

Bagus Himawan, A., Araniri, N., & Zacky Burhani, A. (2024). Application of the Peer Tutor Method in Improving Al Qur’an Reading Skills. Indonesian Journal of Islamic Education, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.31949/ijie.v2i1.10191